ANALISIS PENGARUH VARIABEL KONTIJENSI TUGAS, TEKNOLOGI, INDIVIDUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PENDIDIKAN (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)

TANJUNGSARI, Ranny and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(5 April 2012), ANALISIS PENGARUH VARIABEL KONTIJENSI TUGAS, TEKNOLOGI, INDIVIDUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PENDIDIKAN (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2C008116.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami peningkatan, akibatnya penyebaran dan akses atas informasi dan telekomunikasi menjadi lebih cepat dan mudah, contohnya internet yang merupakan salah satu produk teknologi. Pemanfaatan internet pada sistem pendidikan di perguruan tinggi semakin meresap dalam kehidupan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori kontijensi yang menguji beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemanfaatan internet pada mahasiswa Jurusan Akuntansi. Model penelitian ini terdiri atas pemanfaatan internet sebagai variabel terikat. Sementara itu, variabel bebas terdiri dari instruksi dosen, ketersediaan fasilitas internet, ekspektasi hasil, kepercayaan diri menggunakan internet dan teman kuliah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan data primer melalui distribusi kuesioner kepada 150 mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Responden terbagi kedalam tiga angkatan yaitu, 2009, 2010 dan 2011. Pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Proportionate Random Sampling. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16 dengan alat uji Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruksi dosen, ketersediaan fasilitas internet, ekspektasi hasil, kepercayaan diri menggunakan internet dan teman kuliah mempengaruhi pemanfaatan internet. Kesimpulannya, mahasiswa mungkin tidak akan tertarik untuk memanfaatkan internet sebagai sarana pendukung pendidikannya tanpa instruksi dari dosen dan ketersediaan fasilitas internet di kampus. Tingkat kepercayaan diri dan ekspektasi hasil yang berasal dari konsep diri internal juga berperan penting dalam pemanfaatan internet. Teman kuliah sebagai faktor eksternal juga berpengaruh terhadap pemanfaatan internet.
Keywords : contingency theory, internet usage, accounting students, instruction of lecturer, peer group, internet self-efficacy, outcome exectation,availability, teori kontijensi, pemanfaatan internet, mahasiswa akuntansi, instruksi dosen,teman kuliah, kepercayaan diri menggunakan internet, ekspektasi hasil, ketersediaan internet.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:58
Last Modified: 23 Jul 2020 03:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item
View Item