TANJUNGSARI, Ranny and HADIPRAJITNO, Paulus Th Basuki,(5 April 2012), ANALISIS PENGARUH VARIABEL KONTIJENSI TUGAS, TEKNOLOGI, INDIVIDUAL DAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENDUKUNG PENDIDIKAN (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (48kB)
Download (48kB)
Text
Download (32kB)
Download (32kB)
Text
Download (31kB)
Download (31kB)
Text
Download (38kB)
Download (38kB)
Text
Download (100kB)
Download (100kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus
mengalami peningkatan, akibatnya penyebaran dan akses atas informasi dan
telekomunikasi menjadi lebih cepat dan mudah, contohnya internet yang
merupakan salah satu produk teknologi. Pemanfaatan internet pada sistem
pendidikan di perguruan tinggi semakin meresap dalam kehidupan mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan teori kontijensi yang menguji beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi pemanfaatan internet pada mahasiswa Jurusan Akuntansi.
Model penelitian ini terdiri atas pemanfaatan internet sebagai variabel terikat.
Sementara itu, variabel bebas terdiri dari instruksi dosen, ketersediaan fasilitas
internet, ekspektasi hasil, kepercayaan diri menggunakan internet dan teman
kuliah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dan
menggunakan data primer melalui distribusi kuesioner kepada 150 mahasiswa
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Responden terbagi kedalam tiga angkatan yaitu, 2009, 2010 dan 2011.
Pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Proportionate Random
Sampling. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16 dengan alat uji
Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruksi dosen, ketersediaan fasilitas
internet, ekspektasi hasil, kepercayaan diri menggunakan internet dan teman
kuliah mempengaruhi pemanfaatan internet. Kesimpulannya, mahasiswa mungkin
tidak akan tertarik untuk memanfaatkan internet sebagai sarana pendukung
pendidikannya tanpa instruksi dari dosen dan ketersediaan fasilitas internet di
kampus. Tingkat kepercayaan diri dan ekspektasi hasil yang berasal dari konsep
diri internal juga berperan penting dalam pemanfaatan internet. Teman kuliah
sebagai faktor eksternal juga berpengaruh terhadap pemanfaatan internet.
Keywords : | contingency theory, internet usage, accounting students, instruction of lecturer, peer group, internet self-efficacy, outcome exectation,availability, teori kontijensi, pemanfaatan internet, mahasiswa akuntansi, instruksi dosen,teman kuliah, kepercayaan diri menggunakan internet, ekspektasi hasil, ketersediaan internet. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 03:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 03:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6211 |