AMELIA, Mira and SUGIONO, Sugiono,(4 April 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DALAM MENGIKUTI KURSUS DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi pada Siswa SMA Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (305kB)
Download (305kB)
Text
Download (349kB)
Download (349kB)
Text
Download (369kB)
Download (369kB)
Text
Download (308kB)
Download (308kB)
Text
Download (628kB)
Download (628kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Semakin berkembangnya pola pendidikan yang begitu cepat dan silih berganti
sehingga memunculkan persaingan di bidang pendidikan terutama pada lembaga bimbingan
belajar, sehingga tingkat persaingan untuk mendapatkan konsumen semakin sulit. Salah satu
strategi yang dilakukan lembaga pendidikan tersebut mempertahankan atau meningkatkan
jumlah konsumennya adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan
memberikan kualitas pelayanan yang optimal, maka diharapkan mampu memenuhi harapan
konsumennya, mampu memenangkan persaingan yang pada akhirnya akan memperoleh
keuntungan yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang
Banyumanik Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik / tangible,
keandalan / reliability, daya tanggap / responsiveness, jaminan / assurance, dan empati /
empathy terhadap kepuasan siswa dalam mengikuti kursus di Lembaga Bimbingan Belajar
IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan
metode kuesioner terhadap 50 orang responden, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan
responden terhadap masing – masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas,
uji reliabilitas, uji asumsi klasik (multikolinearitas, normalitas, heteroskedastisitas), analisis
regresi linear berganda, uji goodness of fit (uji F, uji t, koefisien determinasi).
Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel bukti
fisik / tangible, keandalan / reliability, daya tanggap / responsiveness, jaminan / assurance,
dan empati / empathy semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa
dalam mengikuti kursus di Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik
Semarang. Dengan pengaruh sebesar 75,2% sedangkan 24,8% lainya dipengaruhi oleh
variabel lain.
Keywords : | physical evidence / tangible, durability / reliability, responsiveness, assurance, empathy, customer satisfaction., bukti fisik / tangible, keandalan / reliability, daya tanggap / responsiveness, jaminan / assurance, empati / empathy, kepuasan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 02:46 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 02:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6277 |