JAYADI, David and SANTOSO, Suryono Budi,(5 April 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (107kB)
Download (107kB)
Text
Download (10kB)
Download (10kB)
Text
Download (9kB)
Download (9kB)
Text
Download (17kB)
Download (17kB)
Text
Download (305kB)
Download (305kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya
persaingan industri sepeda motor di Indonesia, sehingga perusahaan otomotif
terutama dibidang sepeda motor harus dapat menentukan strategi pemasaran yang
tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Untuk
memperluas pangsa pasar, maka perusahaan harus mampu mengetahui apa yang
dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang menjadi
pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Hal ini dapat
dipengaruhi oleh faktor promosi yang kurang efektif, harga yang lebih mahal
dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, kualitas produk yang masih banyak
kekurangan dan juga layanan purna jual yang kurang memberikan kepuasan
kepada pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh
perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,
harga, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Penelitian
ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang
menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan
yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa
Universitas Diponegoro yang membeli sepeda motor Yamaha. Sampel dalam
penelitian ini adalah 100 mahasiswa Universitas Diponegoro yang membeli
sepeda motor Yamaha yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan
datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian membuktikan bahwa tiga variabel independen yaitu
kualitas produk, harga, dan layanan purna jual mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian sepeda motor
Yamaha. Sedangkan satu variabel independen yaitu promosi tidak memiliki
pengaruh yang signifikan bagi responden dalam menentukan keputusan membeli
sepeda motor Yamaha. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa
semua variabel independen (kualitas produk, harga, promosi, dan layanan purna
jual) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh positif terbesar
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada mahasiswa Universitas
Diponegoro adalah pada variabel layanan purna jual dengan koefisien 0,303,
kemudian diikuti oleh variabel harga dengan koefisien 0,253, selanjutnya variabel
kualitas produk dengan koefisien 0,187, sedangkan variabel yang berpengaruh
paling rendah dan tidak signifikasi yaitu variabel promosi dengan nilai koefisien
sebesar 0,037.
Keywords : | decision of purchase, product quality, price, promotion, sales service, keputusan pembelian, kualitas produk, harga, promosi, layanan purna jual |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 08:46 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 08:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6379 |