ANALISIS PENGARUH PRODUK, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE (Studi Pada Mandiri Art, Tembalang Semarang)

SANTI, Desmalita Eka Santi and KAMAL, H. Mustafa,(22 April 2014), ANALISIS PENGARUH PRODUK, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHANDISE (Studi Pada Mandiri Art, Tembalang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - FULLTEXT PDF BOOKMARKS - 12010110141026.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh produk, lokasi, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk merchandise di Mandiri Art, Tembalang Semarang. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk merchandise di Mandiri Art, Tembalang Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli di Mandiri Art, Tembalang Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji kelayakan model. Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,320 X1 + 0,178 X2 + 0,230 X3 + 0,183 X4 Variabel Produk (X1), Lokasi (X2), Promosi (X3), dan Kualitas Pelayanan (X4) mempunyai pegaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel produk memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,320, diikuti oleh variabel promosi sebesar 0,230 dan kemudian variabel kualitas pelayanan sebesar 0, 183. Sedangkan variabel lokasi mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar 0,178. Pengujian menggunakan uji t yang menunjukan bahwa keempat variabel independen yaitu produk (X1), lokasi (X2), promosi (X3) dan kualitas pelayanan (X4) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, lokasi, promosi, dan kualitas pelayanan memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square menunjukan bahwa 34,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 65,9% dijelaskan oleh vaariabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : : merchandise, purchase decision, product, location, promotion, servive quality, : merchandise, produk, lokasi, promosi, kualitas pelayanan, keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:41
Last Modified: 04 Aug 2020 03:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item
View Item