MALAU, Jaumala and INDRIANI, Farida,(29 October 2011), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN SEPEDA MOTOR BEBEK MEREK YAMAHA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (240kB)
Download (240kB)
Text
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
Download (121kB)
Download (121kB)
Text
Download (125kB)
Download (125kB)
Text
Download (157kB)
Download (157kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (921kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (921kB) | Request a copy
Abstract
Dewasa ini kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan menjadi perhatian
utama dalam dunia bisnis. Pihak yang paling berhubungan langsung dengan
kepuasan/ketidakpuasan pelanggan adalah pemasar, koasumen, konsumeris, dan
peneliti perilaku konsumen. Karena keberhasilan perusahaan bukan dinilai dari
seberapa banyak produk itu laku terjual atau seberapa banyak konsumen yang
membeli produk tersebut atau seberapa banyak konsumen yang berhasil diperoleh,
namun bagaimana cara mempertahankan konsumen dan juga setiap pelaku usaha
harus memahami konsep-konsep dasar pemasaran, faktor-faktor yang mempengaruhi
pemasaran, mengetahui informasi mengenai keinginan yang dibutuhkan konsumen
serta bauran pemasaran (marketing mix) sampai penentuan sasaran pasar.
Berdasarkan surve yang dilakukan ICSA (Indonesian Customer
Sastisfaction Award) mengenai kepuasan pelanggan yang dilakukan dalam tiga
tahun terakhir ada penurunan indeks kepuasan konsumen. Pada tahun 2008, indeks
ICSA berada pada angka 3,908 dan pada tahun 2009 turun ke angka 3,897,
sedangkan pada tahun 2010 angka tersebut menjadi 3,888. Hal ini juga berpengaruh
terhadap indek kepuasan pelanggan terhadap produk sepeda motor bebek Yamaha.
Berdasarkan surve kepuasan pelanggan yang dilakukan ICSA pada tahun 2010
sepeda motor bebek Yamaha mengalami penurunan ke peringkat ke dua dan
tergeser oleh Honda di peringkat pertama, yang pada tahun 2009 Yamaha berada di
peringkat pertama.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program
SPSS for Windows versi 16.0. Untuk mendapatkan estimasi dan interprestasi yang
baik dari penelitian ini maka sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan aksidental sampel. Maka sampel yang digunakan adalah 100 orang
yang menggunakan sepeda motor bebek Yamaha yang kebetulan bertemu bila
dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dua variabel independen yaitu persepsi
harga dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel dependen kepuasan pelanggan. Hasil dari pengujian regresi berganda
menunjukan bahwa semua variabel independen ( persepsi harga dan kualitas
produk) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh positif
terbesar terhadap kepuasan pelanggan sepeda motor bebek Yamaha adalah pada
variabel persepsi harga dengan koefisien 0,439, kemudian diikuti oleh variabel
kualitas produk dengan koefisien 0,249. Selain itu hasil dari perhitungan regresi
diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,506. Hal ini berarti
50,5% kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh persepsi harga dan kualitas
produk, sedangkan 49,5% dapat dipengaruhi variabel lain.
Keywords : | customer satisfaction, perceptions of price, product quality, UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 07:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 07:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6654 |