ADISUSILO, Pramudito and SUDARNO, Sudarno,(13 December 2011), PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENTS (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (21kB)
Download (21kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (19kB)
Download (19kB)
Text
Download (20kB)
Download (20kB)
Text
Download (33kB)
Download (33kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
Abstract
Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari
pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan
tahunan perusahaan terhadap respon pasar terhadap laba akuntansi (Earning
Response Coefficient, ERC). Selain dipengaruhi oleh CSR dari beberapa
penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada beberapa faktor lain yang
mempengaruhi Earning Response Coefficient antara lain profitabilitas, growth,
leverage, dan size seperti yang dilakukan oleh Sayekti dan Wondabio (2007).
Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pengungkapan
tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan terhadap earning response coefficient
(ERC) dengan profitabilitas, growth, leverage, dan size sebagai variabel kontrol.
Sampel penelitian yaitu berdasarkan metode purposive sampling dimana
pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, diperoleh sebanyak 39
perusahaan sebagai sampel penelitian selama satu tahun. Pengujian dilakukan
dengan menggunakan regresi berganda.
Hasil pengujian ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dan negatif
antara CSR terhadap ERC secara parsial. Hasil lainnya menunjukkan bahwa tidak
ada pengaruh yang signifikan antara Leverage terhadap ERC, tidak ada pengaruh
yang signifikan antara PBV terhadap ERC, tidak ada pengaruh yang signifikan
antara ROE terhadap ERC serta ada pengaruh yang signifikan dan positif antara
Ukuran Perusahaan (Size) terhadap ERC
Keywords : | Corporate Social Responsibility, Profitability, Growth, Leverage Ratio, the Company Size and Earning Response Coefficient, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Pertumbuhan, Rasio Leverage, Ukuran Perusahaan serta Earning Response Coefficien |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 07:45 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 07:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6655 |