PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENTS (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009)

ADISUSILO, Pramudito and SUDARNO, Sudarno,(13 December 2011), PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENTS (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmark - C2C006113.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan terhadap respon pasar terhadap laba akuntansi (Earning Response Coefficient, ERC). Selain dipengaruhi oleh CSR dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi Earning Response Coefficient antara lain profitabilitas, growth, leverage, dan size seperti yang dilakukan oleh Sayekti dan Wondabio (2007). Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan terhadap earning response coefficient (ERC) dengan profitabilitas, growth, leverage, dan size sebagai variabel kontrol. Sampel penelitian yaitu berdasarkan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, diperoleh sebanyak 39 perusahaan sebagai sampel penelitian selama satu tahun. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Hasil pengujian ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dan negatif antara CSR terhadap ERC secara parsial. Hasil lainnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara Leverage terhadap ERC, tidak ada pengaruh yang signifikan antara PBV terhadap ERC, tidak ada pengaruh yang signifikan antara ROE terhadap ERC serta ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Ukuran Perusahaan (Size) terhadap ERC
Keywords : Corporate Social Responsibility, Profitability, Growth, Leverage Ratio, the Company Size and Earning Response Coefficient, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Pertumbuhan, Rasio Leverage, Ukuran Perusahaan serta Earning Response Coefficien
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Elok Inajati
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:45
Last Modified: 27 Aug 2020 07:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item
View Item