RAMADHAN, Aulia and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(3 September 2020), KEPUTUSAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN OLAHAN PRODUK UMKM DI KOTA TANGERANG - KAJIAN RELIGIUSITAS, REGULASI, DAN BRANDING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (174kB)
Download (174kB)
Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kota Tangerang dengan motto akhlakul karimah dan mayotitas penduduk
beragama Islam yang sebanyak 1.587.270 atau 88,25% , maka sangat memerhatikan
kehalalan produk yang beredar. Pemerintah mewajibkan setiap produk yang masuk,
beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal termasuk
produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM yang ada di Kota
Tangerang sebanyak 11.746 dan sektor unggulan yang bisa dikembangkan adalah
sektor jasa dan industri pengolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh faktor ekonomi, religiusitas, sosial budaya, regulasi, dan branding terhadap
keputusan pelaku UMKM untuk melakukan sertifikasi halal.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data
berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang sudah
tersertifikasi halal dengan difasilitasi Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2019.
Jumlah populasi sebanyak 100 pelaku UMKM dan diambil sampel sebanyak 80 pelaku
UMKM. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang
menggunakan SPSS versi 22.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM
untuk melakukan sertifikasi halal adalah branding. Hal ini membuktikan bahwa label
halal dapat digunakan sebagai citra baik UMKM kepada konsumen. Variabel yang
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM
untuk melakukan sertifikasi halal selanjutnya adalah religiusitas dan regulasi.
Sedangkan sosial budaya dan ekonomi secara parsial tidak berpengaruh terhadap
keputusan pelaku UMKM untuk melakukan sertifikasi halal. Secara simultan, hasil
yang diperoleh adalah ekonomi, religiusitas, sosial budaya, regulasi, dan branding
berpengaruh terhadap keputusan pelaku UMKM untuk melakukan sertifikasi halal.
Keywords : | Economy, religiosity, social culture, regulations, branding, and halal certification, Ekonomi, relgiusitas, sosial budaya, regulasi, branding, dan sertifikasi halal |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Aulia Ramadhan |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 07:41 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 07:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6821 |