ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND EQUITY, DAN CUSTOMER PRIDE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENABUNG (Studi pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Semarang)

RAJENDRA, WIKU and SOESANTO, Harry and RAHARDJO, Susilo Toto,(1 October 2020), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND EQUITY, DAN CUSTOMER PRIDE TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN MENABUNG (Studi pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (400kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, brand equity, dan customer pride terhadap keputusan menabung dengan kepercayaan nasabah sebagai variable intervening (studi pada nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Kantor Cabang Semarang). Populasi penelitian adalah nasabah PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling, pengambilan data menggunakan kuesioner dengan kriteria responden adalah nasabah yang memiliki produk tabungan dalam hal ini Taplus dan Taplus Bisnis, serta telah lebih dari 6 (enam) bulan menjadi nasabah Bank BNI. Data yang diambil adalah sebanyak 153 kuesioner terdiri dari 67 responden pria dan 86 responden wanita. Proses pengolahan data dan analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan terlebih dahulu melakukan pengujian dimensi-dimensinya dengan confirmatory factor analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan nasabah, brand equity berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan nasabah, kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menabung, customerpride berpengaruh positif terhadap keputusan menabung, kepercayaan nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menabung. Implikasi dalam penelitian ini adalah saran untuk manajemen BNI Cabang Semarang untuk mempertahankan kualitas layanan, meningkatkan brand image Bank BNI, dan memperkuat customer pride terhadap produk-produk Bank BNI, sehingga akan tumbuh kepercayaan dari para nasabah yang pada akhirnya memberikan dampak terhadap keputusan menabung di BNI.
Keywords : SERVICE QUALITY, BRAND IMAGE, CUSTOMER PRIDE, CUSTOMER'S TRUST, SAVING DECISION, KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, CUSTOMER PRIDE, KEPERCAYAAN NASABAH, KEPUTUSAN MENABUNG
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mr Wiku Rajendra
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:02
Last Modified: 01 Oct 2020 06:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item
View Item