THE IMPACT OF TRANSPORTATION INFRASTRUCTURE ON ECONOMIC GROWTH (A CASE STUDY INDONESIA)

MGUNDA, Moses Isdory and ISKANDAR, Deden Dinar,(29 July 2020), THE IMPACT OF TRANSPORTATION INFRASTRUCTURE ON ECONOMIC GROWTH (A CASE STUDY INDONESIA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Infrastruktur transportasi memiliki peran penting dalam kehidupan ekonomi, industri, dan setiap pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia telah berlangsung lama dan merupakan investasi yang cukup besar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana infrastruktur transportasi seperti jalan raya, rel kereta api, jalur udara, dan pelabuhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap output yang diwakili oleh variabel pendapatan per kapita (PDRB). Kemudian dengan mengetahui kontribusi infrastruktur transportasi terhadap pertumbuhan pendapatan per kapita (PDRB). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari 2012 hingga 2018 dari semua provinsi di Indonesia. Data dikumpulkan dari Badan Pusat Statistik semua provinsi dan negara, berbagai dokumen yang diterbitkan dan tidak diterbitkan dari berbagai kantor pemerintah seperti kantor pusat data Indonesia, bank dunia, kantor transportasi. Analisis regresi dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat EViews. Uji regresi untuk panel seperti Uji Chow dan Uji Hausman sehingga telah meningkatkan model data panel efek untuk data lengkap dengan karakteristik seperti di atas. Kemudian uji asumsi seperti Multikolinearitas Klasik, Heteroskedastisitas, dan Autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelabuhan dan investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan variabel jalan, kereta api, jalan udara, pendidikan, dan pengeluaran lainnya memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dari 2012 hingga 2018. Selanjutnya Bersama-sama, semua Variabel kebijakan desentralisasi fiscal (Kereta Api, Jalan, Airways, Pelabuhan, investasi, pendidikan, dan pengeluaran)memiliki pengaruh simultan yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Keywords : Transport infrastructure, economic growth, Panel data, Indonesia, Infrastruktur transportasi, pertumbuhan ekonomi, data Panel, Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Student Moses Isdory Mgunda
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:05
Last Modified: 20 Nov 2020 03:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item
View Item