Analisis Pengaruh Kinerja UMKM, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Investasi pada UMKM melalui Platform Equity Crowdfunding di Indonesia

APRIHASYYATI, Dalilatiyani Ajrinatia and FITRIA, Shoimatul,(29 June 2020), Analisis Pengaruh Kinerja UMKM, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Investasi pada UMKM melalui Platform Equity Crowdfunding di Indonesia. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (341kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (257kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (476kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Investasi pada UMKM melalui Platform Equity Crowdfunding baru diperkenalkan dan diterapkan di Indonesia pada akhir tahun 2018. Jumlah investor dan nilai investasi pada Platform Equity Crowdfunding di Indonesia hingga tahun 2019 mengalami peningkatan drastis dimana persentase peningkatannya lebih dari 100%. Namun, penelitian terkait Equity Crowdfunding di Indonesia masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja UMKM, kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap niat investasi pada UMKM melalui Platform Equity Crowdfunding di Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah investor pada Platform Equity Crowdfunding di Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 144 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis AMOS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan niat investasi. Lalu, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat investasi. Sedangkan kepercayaan mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi risiko. Selain itu, persepsi risiko juga mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap niat investasi. Variabel kepercayaan ditemukan memiliki pengaruh yang dominan terhadap niat investasi sehingga penting bagi manajer perusahaan untuk dapat menjaga dan bahkan meningkatkan kepercayaan investor dengan membangun mekanisme evaluasi sistematis.
Keywords : Equity Crowdfunding, Investment Intention, MSME Performance, Trust, Risk Perceived, Equity Crowdfunding, Niat Investasi, Kinerja UMKM, Kepercayaan, Persepsi Risiko
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arief Eryka Zendy
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:19
Last Modified: 12 Oct 2020 06:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item
View Item