KRISNAWAN, Krisnawan and SUGIARTO, PH,SU.,(November 2012), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI E-BISNIS (Studi Pada Perusahaan Penyelenggara E-Bisnis). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (36kB)
Download (36kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (105kB)
Download (105kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (daftar Isi)
- Published Version
Download (185kB)
Download (185kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (466kB)
Download (466kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan pertumbuhan internet yang cepat
telah menciptakan peluang untuk sukses bagi perusahaan yang mampu
memanfaatkannya untuk bisnis. E-bisnis merupakan suatu strategi di mana
melalui e-bisnis, perusahaan mempunyai cara baru dalam menciptakan nilai yang
akan meningkatkan keunggulan bersaing. Namun, fenomena bisnis berupa
runtuhnya banyak perusahaan e-bisnis (dot-com) yang terjadi pada dekade lalu
telah menimbulkan perbedaan pendapat tentang peran strategi e-bisnis dalam
rangka meningkatkan keunggulan bersaing.
Sumber-sumber keunggulan bersaing berbeda di seluruh industri atau
pasar yang berbeda. Penelitian ini berbasis pada dua aliran umum pemikiran yang
memberikan landasan teoritis untuk keunggulan bersaing, yaitu, Resource-Based
View (RBV) dan Transaction Cost Theory (TCT). Penelitian ini menghipotesiskan
bahwa, keunggulan bersaing dihasilkan oleh strategi e-bisnis yang dibentuk oleh
aset stratejik SI/TI, manajemen rantai suplai terintegrasi dan manajemen
hubungan pelanggan terintegrasi.
Penelitian ini termasuk explanatory research dengan pendekatan
kausalitas. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh perusahaan di Indonesia
yang menerapkan strategi e-bisnis Business to Business (B2B), Business to
Consumer (B2C) atau kombinasinya. Sampel berjumlah 107 perusahaan dan
responden adalah para pemilik, manajer dan karyawan setingkat manajer dari
perusahaan yang menjadi obyek penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah
Structural Equation Modeling.
Temuan penelitian ini adalah strategi e-bisnis berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan manajemen hubungan pelanggan
terintegrasi dan aset stratejik SI/TI berpengaruh positif dan signifikan terhadap
strategi e-bisnis. Implikasi empiris dari temuan ini adalah, perusahaan dapat
membangun keunggulan bersaing melalui strategi e-bisnis.
Keywords : | e-business strategy, competitive advantage, IS/IT strategic asset, integrated supply chain management, integrated customer relationship management., strategi e-bisnis, keunggulan bersaing, aset stratejik SI/TI, manajemen rantai suplai terintegrasi, manajemen hubungan pelanggan terintegrasi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 08:32 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 08:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7217 |