MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI E-BISNIS (Studi Pada Perusahaan Penyelenggara E-Bisnis)

KRISNAWAN, Krisnawan and SUGIARTO, PH,SU.,(November 2012), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI E-BISNIS (Studi Pada Perusahaan Penyelenggara E-Bisnis). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (105kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of daftar Isi] Text (daftar Isi) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (466kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan pertumbuhan internet yang cepat telah menciptakan peluang untuk sukses bagi perusahaan yang mampu memanfaatkannya untuk bisnis. E-bisnis merupakan suatu strategi di mana melalui e-bisnis, perusahaan mempunyai cara baru dalam menciptakan nilai yang akan meningkatkan keunggulan bersaing. Namun, fenomena bisnis berupa runtuhnya banyak perusahaan e-bisnis (dot-com) yang terjadi pada dekade lalu telah menimbulkan perbedaan pendapat tentang peran strategi e-bisnis dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing. Sumber-sumber keunggulan bersaing berbeda di seluruh industri atau pasar yang berbeda. Penelitian ini berbasis pada dua aliran umum pemikiran yang memberikan landasan teoritis untuk keunggulan bersaing, yaitu, Resource-Based View (RBV) dan Transaction Cost Theory (TCT). Penelitian ini menghipotesiskan bahwa, keunggulan bersaing dihasilkan oleh strategi e-bisnis yang dibentuk oleh aset stratejik SI/TI, manajemen rantai suplai terintegrasi dan manajemen hubungan pelanggan terintegrasi. Penelitian ini termasuk explanatory research dengan pendekatan kausalitas. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh perusahaan di Indonesia yang menerapkan strategi e-bisnis Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C) atau kombinasinya. Sampel berjumlah 107 perusahaan dan responden adalah para pemilik, manajer dan karyawan setingkat manajer dari perusahaan yang menjadi obyek penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling. Temuan penelitian ini adalah strategi e-bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan manajemen hubungan pelanggan terintegrasi dan aset stratejik SI/TI berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi e-bisnis. Implikasi empiris dari temuan ini adalah, perusahaan dapat membangun keunggulan bersaing melalui strategi e-bisnis.
Keywords : e-business strategy, competitive advantage, IS/IT strategic asset, integrated supply chain management, integrated customer relationship management., strategi e-bisnis, keunggulan bersaing, aset stratejik SI/TI, manajemen rantai suplai terintegrasi, manajemen hubungan pelanggan terintegrasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 12 Oct 2020 08:32
Last Modified: 12 Oct 2020 08:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7217

Actions (login required)

View Item
View Item