ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKTIFITAS WORD OF MOUTH NASABAH BANK SYARIAH (Studi pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang )

RAHMAN, Raditia and YOESTINI, Yoestini,(24 September 2009), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKTIFITAS WORD OF MOUTH NASABAH BANK SYARIAH (Studi pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Markplus Insight pada aspek Indeks Kepuasan Nasabah menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan nasabah terhadap Bank Muamalat semakin meningkat, namun demikian secara peringkat masih menduduki urutan keempat dibandingkan dengan bank syariah lainnya. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan tingkat persaingan dunia perbankan syariah, maka perlu dilakukan kajian berkenaan dengan upaya untuk meningkatkan Indeks Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah pada Bank Muamalat guna meraih urutan pertama. Kualitas layanan dan kualitas produk diduga berpengaruh pada kepuasan dan berdampak pada aktifitas word of mouth. Untuk membuktikannya, data tentang kualitas layanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, dan word of mouth dikumpulkan melalui wawancara kepada 110 nasabah. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian dengan SEM menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Berdasarkan hasil pengujian SEM diketahui pula bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang paling besar dalam menumbuhkan kepuasan nasabah. Oleh karena itu implikasi manajerial yang diterapkan harus diprioritaskan pada perbaikan kualitas layanan.
Keywords : service quality, product quality, customer satisfaction, word of mouth, kualitas layanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, word of mouth
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:16
Last Modified: 21 Oct 2020 02:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7387

Actions (login required)

View Item
View Item