WIJAYA, Johan Ade Putra and MANGUNWIHARDJO, Suyudi,(29 June 2012), STUDI MENGENAI PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH (Penelitian Terapan Pada Nasabah Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Semarang Pattimura). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (169kB)
Download (169kB)
Text (Abstrac (Inggris))
- Published Version
Download (139kB)
Download (139kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (140kB)
Download (140kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (144kB)
Download (144kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (920kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (920kB) | Request a copy
Abstract
Era pasar bebas dan globalisasi yang saat ini sedang terjadi. akan
membawa dampak yang sangat besar terhadap perkembangan industri di dalam
negeri. Perbankan merupakan salah satu sektor industri yang harus waspada akan
perubahan tersebut. Globalisasi akan berdampak pada semakin berkembangnya
sektor perbankan di Indonesia sehingga menciptakan kondisi persaingan antar
perbankan yang semakin ketat. Meningkatnya persaingan dan cepatnya deregulasi
perbankan telah mendorong bisnis jasa perbankan untuk mencari solusi yang
mendatangkan keuntungan dengan cara mendiferensiasikan diri mereka terhadap
pesaing. Bank melihat pentingnya arti loyalitas nasabah karena saat ini nasabah
lebih cerdas, sadar harga, banyak menuntut, kurang memaafkan dan didekati
banyak produk.
Setiap bank pasti menginginkan semua nasabahnya loyal, salah satu solusi
untuk mempertahankan bahkan meningkatkan loyalitas nasabah dalam industri
perbankan adalah dengan memperhatikan kualitas layanan, nilai nasabah
(customer value), dan citra perusahaan. Penelitian terapan ini mengambil studi
kasus nasabah kredit ritel komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
Cabang Semarang Pattimura dengan sampel 85 nasabah. Nasabah ritel komersial
adalah nasabah yang menikmati fasilitas kredit modal kerja dari Bank BRI dengan
plafond > Rp 100 juta s/d Rp 5 milyar. Alasan pemilihan penelitian terapan pada
PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang Pattimura mengenai loyalitas
nasabah adalah karena adanya fenomena yang cukup menarik yaitu menurunnya
jumlah account (nasabah) kredit ritel komersial pada PT. Bank Rakyat Indonesia
Cabang Semarang Pattimura selama tiga tahun berturut-turut.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dianalisis mengenai pengaruh
kualitas layanan, nilai nasabah dan citra perusahaan (variabel indipenden)
terhadap loyalitas nasabah (variabel dependen). Dengan menggunakan model
regresi linier dan dianalisis dengan program SPSS versi 17.0, didapatkan hasil
bahwa kualitas layanan, nilai nasabah dan citra perusahaan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Temuan empiris tersebut
mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan loyalitas nasabah kredit ritel di BRI
Cabang Semarang Pattimura, manajemen perusahaan harus memperhatikan
faktor-faktor seperti kualitas layanan, nilai nasabah dan citra perusahaan, karena
ketiga faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya loyalitas nasabah
kredit ritel komersial di BRI Cabang Semarang Pattimura. Implikasi teoritis,
implikasi manajerial, dan saran-saran untuk penelitian mendatang juga diuraikan
pada bagian akhir penelitian ini.
Keywords : | Service quality, customer value, company image and customer loyalty, Kualitas layanan, nilai nasabah, citra perusahaan, dan loyalitas nasabah. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 03:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 03:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7510 |