ANALISIS YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DAMPAKNYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Kasus Pada Bank BRI (Persero) KCP Ambarawa)

BUDIHANTORO, Ibnu Maulana and YUSUF A.G, Edy,(September 2012), ANALISIS YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DAMPAKNYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Kasus Pada Bank BRI (Persero) KCP Ambarawa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstract ( Inggris)] Text (Abstract ( Inggris)) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (964kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dengan perbankan swasta, terbatasnya sumber daya manusia yang profesional, teknologi informasi dan telekomunikasi yang terus berkembang, serta peningkatan harga bahan pangan menjadi hambatan besar bagi bank pemerintah dalam mengakomodasi dana masyarakat. Kondisi ini mendorong Bank Rakyat Indonesia (BRI) berupaya mengembangkan berbagai strategi untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya melalui peningkatan minat menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai nasabah, reputasi, kepercayaan terhadap minat menabung PT. BRI di Kantor Cabang Pembantu Ambarawa. Permasalahan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan minat menabung nasabah melalui pengelolaan nilai nasabah, reputasi, kepercayaan terhadap minat menabung nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh nilai nasabah, reputasi,kepercayaan dalam mempertimbangkan menabung di bank. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah calon nasabah PT. Bank BRI KCP Ambarawa yang berjumlah 108 responden. Model teoritis yang terdiri dari 4 variabel dengan 4 hipotesis akan diuji dengan menggunakan alat analisis SEM melalui program AMOS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 hipotesis yang diajukan 3 hipotesis diterima dan 1 diantaranya ditolak yaitu hipotesis ketiga. Hipotesis ketiga yang berbunyi bahwa semakin tinggi nilai nasabah , maka semakin tinggi minat menabung tidak dapat dibuktikan secara statistik atau ditolak. Oleh karena itu, disarankan agar peningkatan minat menabung lebih fokus pada peran nilai nasabah pada kepercayaan, sehingga akan menciptakan kepercayaan yang positif dan berdampak pada peningkatan minat menabung.
Keywords : : Customer Value, Reputation, Trust, Savings Interest, Nilai Nasabah, Reputasi, Kepercayaan, Minat Menabung
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:08
Last Modified: 09 Nov 2020 07:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7573

Actions (login required)

View Item
View Item