BUDIHANTORO, Ibnu Maulana and YUSUF A.G, Edy,(September 2012), ANALISIS YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DAMPAKNYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG NASABAH (Studi Kasus Pada Bank BRI (Persero) KCP Ambarawa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (75kB)
Download (75kB)
Text (Abstract ( Inggris))
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (964kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (964kB) | Request a copy
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dengan perbankan swasta, terbatasnya sumber
daya manusia yang profesional, teknologi informasi dan telekomunikasi yang terus
berkembang, serta peningkatan harga bahan pangan menjadi hambatan besar bagi
bank pemerintah dalam mengakomodasi dana masyarakat. Kondisi ini mendorong
Bank Rakyat Indonesia (BRI) berupaya mengembangkan berbagai strategi untuk
menarik dan mempertahankan nasabahnya melalui peningkatan minat menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai nasabah, reputasi,
kepercayaan terhadap minat menabung PT. BRI di Kantor Cabang Pembantu
Ambarawa.
Permasalahan yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan minat menabung nasabah melalui pengelolaan nilai nasabah, reputasi,
kepercayaan terhadap minat menabung nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis pengaruh nilai nasabah, reputasi,kepercayaan dalam
mempertimbangkan menabung di bank. Responden yang digunakan dalam penelitian
ini adalah calon nasabah PT. Bank BRI KCP Ambarawa yang berjumlah 108
responden. Model teoritis yang terdiri dari 4 variabel dengan 4 hipotesis akan diuji
dengan menggunakan alat analisis SEM melalui program AMOS.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 hipotesis yang diajukan 3
hipotesis diterima dan 1 diantaranya ditolak yaitu hipotesis ketiga. Hipotesis ketiga
yang berbunyi bahwa semakin tinggi nilai nasabah , maka semakin tinggi minat
menabung tidak dapat dibuktikan secara statistik atau ditolak. Oleh karena itu,
disarankan agar peningkatan minat menabung lebih fokus pada peran nilai nasabah
pada kepercayaan, sehingga akan menciptakan kepercayaan yang positif dan
berdampak pada peningkatan minat menabung.
Keywords : | : Customer Value, Reputation, Trust, Savings Interest, Nilai Nasabah, Reputasi, Kepercayaan, Minat Menabung |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 07:08 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 07:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7573 |