HARYONO, Andi Tri and FERDINAND, Augusty Tae,(September 2012), ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN, CITRA ENDORSER DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KARTU AS (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (921kB)
Download (921kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (908kB)
Download (908kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (910kB)
Download (910kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (916kB)
Download (916kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (949kB)
Download (949kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model teoritis mengenai
kesenjangan riset pada pengaruh citra endorser, dengan menambahkan variabel
intervening top of mind, terhadap minat beli konsumen.
Adapun objek penelitian yang dipilih dalam studi ini adalah produk kartu seluler
“Kartu As”. Sedangkan studi objek penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi
Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran, Semarang.
Variable-variabel yang diteliti dalam penelitian ini antara lain: variabel yang
pertama adalah Kredibilitas Perusahaan, dengan indicator kejujuran perusahaan dalam
memberikan informasi layanan atau produk, citra perusahaan, reputasi perusahaan.
Kemudian variable yang ke dua adalah Citra Endorser, dengan indicator citra modern,
citra humoris, citra komunikatif, dan citra karismatik. Kemudian variable ke tiga adalah
Daya Tarik Iklan, dengan indicator daya tarik story, daya tarik visualisasi, dan daya tarik
kata dalam iklan. Sedangkan variable intervening dalam penelitian ini adalah variable
Top of Mind dengan indicator: merek lebih diingat, merek lebih cepat diucapkan, merek
sering diperbincangkan, dan merek akan dipertimbangkan. Sedangkan variable dependent
dalam penelitian ini adalah Minat Beli dengan indicator mencari informasi produk,
mendatangi konter atau outlet, dan bertanya kepada penjual. Permasalahan ini
menunjukkan bahwa perusahaan masih harus mengevaluasi efektivitas strategi untuk
mengukur perilaku konsumen.
Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang
dijalankan melalui program AMOS versi 18 sebagai alat analisis untuk 231 responden,
sesuai dengan kaidah ukuran sampel minimum untuk 5 atau lebih variabel yang
digunakan. Model penelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari
Standardized Residual Covariance tidak ada yang melebihi ± 2,58 dan nilai determinant
of sample covariance matrix = 1,124.
Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen diuji menggunakan analisis
faktor konfirmatori, kemudian uji kelayakan full model dianalisis menggunakan SEM,
yang menghasilkan nilai Chi-square = 131,366; probability = 0,114; GFI = 0,974; Cmin /
DF = 1,059; TLI = 0.998; CFI = 0.999; and RMSEA = 0.027. Seluruh indeks kelayakan
tersebut berada dalam rentang nilai yang diharapkan. Hasil dari temuan penelitian ini
membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa kredibilitas perusahaan citra endorser, dan
daya tarik iklan yang semakin baik mampu meningkatkan top of mind kemudian akan
mempengaruhi minat beli konsumen.
Keywords : | Corporate Credibility, Image Endorser, Attraction Advertising, Top of Mind and Customer Buying Interests., Kredibilitas Perusahaan, Citra Endorser, Daya Tarik Iklan, Top of Mind dan Minat Beli Konsumen. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:37 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7577 |