PRANOTO, Emilda Handayani and FERDINAND, Augusty Tae and SUGIONO, Sugiono,(20 October 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA EKSPOR UKM DI JAWA TENGAH MELALUI STRATEGI PEMASARAN EKSPOR (Studi pada UKM di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (950kB)
Download (950kB)
Text (Abstrak-Inggris)
- Published Version
Download (934kB)
Download (934kB)
Text (Abstrak-Indonesia)
- Published Version
Download (934kB)
Download (934kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (946kB)
Download (946kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seharusnya menjadi dorongan bagi para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih proaktif dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa UKM adalah salah satu mata rantai penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengembangkannya. Permasalahan penelitian yang diajukan adalah bagaimana meningkatkan kinerja ekspor UKM di Jawa Tengah melalui adopsi e-commerce, dukungan perusahaan 3PL (third party logistics support), orientasi pasar ekspor dan strategi pemasaran ekspor. Dalam menjawab permasalahan tersebut dikembangkan sebuah permodelan dan empat hipotesis telah dirumuskan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel dimana respondennya adalah pemilik atau pengelola UKM di Jawa Tengah yang memenuhi kriteria. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 134 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah SEM (structural equation modeling) pada program AMOS.
Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu Chi-square sebesar 193,647; probability 0,051; TLI 0,981; CFI 0,984; CMIN/DF 1,188; RMSEA 0,039; GFI 0,879 dan AGFI 0,844. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa seluruh hipotesis diterima, yaitu : (1) Semakin baik Strategi Pemasaran Ekspor maka semakin baik Kinerja Ekspor; (2) Semakin baik Dukungan Perusahaan Logistik maka akan semakin meningkatkan Kinerja Ekspor; (3) Semakin tinggi Adopsi E-Commerce maka akan semakin meningkatkan Kinerja Ekspor; (4) Semakin baik Orientasi Pemasaran Ekspor maka akan semakin meningkatkan Strategi Pemasaran Ekspor. Penelitian ini menghasilkan tiga strategi dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor yaitu melalui strategi pemasaran ekspor yang dipengaruhi oleh orientasi pemasaran ekspor, dukungan dari perusahaan logistik, dan adopsi e-commerce.
Keywords : | Small and Medium Enterprises, Export Performance, Export Marketing Strategy, Export Marketing Orientation, Logistic Company Support, and E-Commerce Adoption, Usaha Kecil Menengah, Kinerja Ekspor, Strategi Pemasaran Ekspor, Orientasi Pemasaran Ekspor, Dukungan Perusahaan Logistik, dan Adopsi E-Commerce |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 06:32 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 06:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7693 |