PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, DENGAN DEVIDEN PAYOUT RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2010

MASRIFA, Andyni Yulfanis Aulia and NASIR, Mohamad,(June 2012), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, DENGAN DEVIDEN PAYOUT RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2010. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of abstrak (Inggris)] Text (abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel independen yaitu karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung jika dimediasi oleh Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2010. Dalam penelitian terdapat 4 variabel bebas (independet variable) yaitu karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA), 1 variabel intervening yaitu DPR, dan 1 variabel terikat (dependent variabel) yaitu nilai perusahaan. Penelitian menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan sampelnya. Sampel perusahaan yang digunakan adalah 11 perusahaan. Data diperoleh berdasarkan annual report, publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi dua tahap (analisis jalur). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model penelitian ini layak digunakan karena telah memenuhi asumsi klasik. Berdasarkan hasil Uji koefisen determinasi, bahwa besarnya kemampuan prediksi dari keempat variabel independen terhadap DPR dan nilai perusahaan, sebesar 18,1% dan 25,4%. Berdasarkan uji F (goodness of fit) menunjukkan bahwa kedua model layak digunakan karena memiliki nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata 5 %. Berdasarkan uji T menunjukkan bahwa pada persamaan 1, sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap DPR, dan DTA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DPR karena memiliki nilai signifikansi kurang dari taraf nyata 5 %. Dan pada persamaan 2, size berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun berdasarkan pengujian pengaruh mediasi DPR, DPR terbukti bukan sebagai variabel intervening terhadap hubungan karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan, karena koefisien pengaruh langsung karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan lebih besar daripada pengaruh tidak langsung yang melalui DPR.
Keywords : Firm Value, firm size, sales growth, ROA, DTA, DPR and dan Manufacturing Companies, Nilai Perusahaan, firm size, sales growth, ROA, DTA, DPR dan Perusahaan Manufaktur
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:50
Last Modified: 30 Nov 2020 03:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7706

Actions (login required)

View Item
View Item