MASRIFA, Andyni Yulfanis Aulia and NASIR, Mohamad,(June 2012), PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, DENGAN DEVIDEN PAYOUT RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2010. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (39kB)
Download (39kB)
Text (abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (72kB)
Download (72kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (71kB)
Download (71kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (176kB)
Download (176kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
dari variabel independen yaitu karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth,
DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan baik secara langsung atau tidak
langsung jika dimediasi oleh Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur
yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2010.
Dalam penelitian terdapat 4 variabel bebas (independet variable) yaitu
karakteristik perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA), 1 variabel
intervening yaitu DPR, dan 1 variabel terikat (dependent variabel) yaitu nilai
perusahaan. Penelitian menggunakan metode purposive sampling untuk
pengambilan sampelnya. Sampel perusahaan yang digunakan adalah 11
perusahaan. Data diperoleh berdasarkan annual report, publikasi Indonesian
Capital Market Directory (ICMD). Metode analisis yang digunakan
menggunakan analisis regresi dua tahap (analisis jalur).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model penelitian ini layak
digunakan karena telah memenuhi asumsi klasik. Berdasarkan hasil Uji koefisen
determinasi, bahwa besarnya kemampuan prediksi dari keempat variabel
independen terhadap DPR dan nilai perusahaan, sebesar 18,1% dan 25,4%.
Berdasarkan uji F (goodness of fit) menunjukkan bahwa kedua model layak
digunakan karena memiliki nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata 5 %.
Berdasarkan uji T menunjukkan bahwa pada persamaan 1, sales growth
berpengaruh positif dan signifikan terhadap DPR, dan DTA berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap DPR karena memiliki nilai signifikansi kurang dari taraf
nyata 5 %. Dan pada persamaan 2, size berpengaruh positif dan signifikan
terhadap nilai perusahaan, dan ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap
nilai perusahaan. Namun berdasarkan pengujian pengaruh mediasi DPR, DPR
terbukti bukan sebagai variabel intervening terhadap hubungan karakteristik
perusahaan (Firm Size, sales growth, DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan,
karena koefisien pengaruh langsung karakteristik perusahaan (Firm Size, sales
growth, DTA dan ROA) terhadap Nilai perusahaan lebih besar daripada pengaruh
tidak langsung yang melalui DPR.
Keywords : | Firm Value, firm size, sales growth, ROA, DTA, DPR and dan Manufacturing Companies, Nilai Perusahaan, firm size, sales growth, ROA, DTA, DPR dan Perusahaan Manufaktur |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 03:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 03:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7706 |