HADIJAH, Sitti and UTOMO, Dwi Cahyo,(16 November 2020), STUDI PERKEMBANGAN PENELITIAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (246kB)
Download (246kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (205kB)
Download (205kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (323kB)
Download (323kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (397kB)
Download (397kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (500kB)
Download (500kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan fenomena
penelitian tanggung jawab sosial perusahaan yang terkait dengan tata kelola
perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode ulasan literatur sistematis pada 120
artikel penelitian tanggung jawab sosial perusahaan yang terkait dengan tata kelola
perusahaan yang diperoleh dari Emerald dan Scopus selama tahun 2000 – 2018
dengan kriteria dan filter tertentu. Dalam penelitian ini, ditemukan fenomena bahwa
selama tahun 2000 – 2018 penelitian tanggung jawab sosial perusahaan yang
berkaitan dengan tata kelola perusahaan sebagian besar masih memberikan implikasi
hanya kepada konstituen pemegang saham (investor) dan belum menunjukkan
implikasi yang jelas bagi konsistituen non-pemegang saham. Reputasi dan legitimasi
yang masih menjadi faktor penggerak dominan bagi perusahaan dalam melakukan
pengungkapan tanggung jawab sosial. Jika dikaitkan dengan perkembangan konsep
tanggung jawab sosial perusahaan dari tahun ke tahun, tampaknya fenomena riset
mengenai tanggung jawab sosial perusahaan yang berkaitan dengan tata kelola
perusahaan mirip dengan apa yang dikemukakan Milton Friedman dan pendukung
neo klasik sebagai ‗shareholder model‘ yang menganggap bahwa perusahaan tidak
memiliki tanggung jawab pada masyarakat secara keseluruhan dan hanya berfokus
pada kesejahteraan pemegang sahamnya. Selain itu, fenomena riset ini tampaknya
sesuai dengan model yang dikemukakan oleh Jamali et al. (2008) yang menyatakan
bahwa tata kelola perusahaan berperan sebagai pilar dari tanggung jawab sosial
perusahaan, dimana interpretasi model ini berfokus pada penciptaan nilai perusahaan
yang merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan oleh pemegang saham dalam
mengambil keputusan. Ditemukan pula bahwa terdapat integrasi (penggabungan) dan
adanya alternasi (pertukaran) pada peran dan fungsi tanggung jawab sosial
perusahaan dan tata kelola perusahaan dalam penelitian selama tahun 2000 – 2018.
Keywords : | Corporate Social Responsibility, Corporate Governance, Systematic Literature Review, Stakeholders., Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Ulasan Literatur Sistematis, Pemangku Kepentingan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | sitti hadijah |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 07:49 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 07:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7760 |