NURAENI, Bellinda Sofia and FERDINAND, Augusty Tae,(11 September 2013), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (735kB)
Download (735kB)
Text (Abstract Ing)
- Published Version
Download (733kB)
Download (733kB)
Text (Abstrak Ind)
- Published Version
Download (733kB)
Download (733kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (859kB)
Download (859kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (996kB)
Download (996kB)
Text (Full text pdf Bookmark)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pengembangan industri pariwisata merupakan kekuatan daya saing setiap
daerah apabila dikelola dengan baik. Visit Jawa Tengah 2013 merupakan sebuah
gerakan untuk meningkatkan kepedulian semua pihak untuk menyadari bahwa
Jawa Tengah memiliki potensi luar biasa, namun belum dimanfaatkan untuk
menghasilkan pendapatan bagi warga masyarakat secara luas. Museum
Ranggarwasita di Kota Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi
wisata utama yang disiapkan untuk Visit Jateng 2013. Hal ini karena Museum
Ranggawarsita merupakan museum terbesar di Jawa Tengah yang memiliki
koleksi cukup lengkap. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya
jumlah kunjungan wisatawan ke Museum Ranggawarsita Semarang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat
kunjung ulang wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang.
Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah permodelan dengan tujuh
hipotesis yang telah dirumuskan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110
responden yang merupakan pengunjung Museum Ranggawarsita Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode PLSSEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan
terhadap variabel minat kunjung ulang adalah variabel promosi, variabel kualitas
pelayanan dan variabel daya tarik wisata. Kemudian, variabel yang berpengaruh
signifikan terhadap variabel citra wisata adalah variabel promosi dan variabel
kualitas pelayanan. dan variabel yang berpengaruh terhadap daya tarik wisata
adalah variabel kualitas pelayanan.
Keywords : | Keywords: Service Quality, Intention to Revisit, Image Tourism, Promotion, Tourism Attractiveness, Museum., Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Minat Kunjung, Citra Wisata, Promosi, Daya Tarik Wisata, Museum. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 01:42 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 01:42 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7987 |