ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG

NURAENI, Bellinda Sofia and FERDINAND, Augusty Tae,(11 September 2013), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (735kB)
[thumbnail of Abstract Ing] Text (Abstract Ing) - Published Version
Download (733kB)
[thumbnail of Abstrak Ind] Text (Abstrak Ind) - Published Version
Download (733kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (859kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (996kB)
[thumbnail of Full text pdf Bookmark] Text (Full text pdf Bookmark) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan industri pariwisata merupakan kekuatan daya saing setiap daerah apabila dikelola dengan baik. Visit Jawa Tengah 2013 merupakan sebuah gerakan untuk meningkatkan kepedulian semua pihak untuk menyadari bahwa Jawa Tengah memiliki potensi luar biasa, namun belum dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan bagi warga masyarakat secara luas. Museum Ranggarwasita di Kota Semarang, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata utama yang disiapkan untuk Visit Jateng 2013. Hal ini karena Museum Ranggawarsita merupakan museum terbesar di Jawa Tengah yang memiliki koleksi cukup lengkap. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Museum Ranggawarsita Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah permodelan dengan tujuh hipotesis yang telah dirumuskan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden yang merupakan pengunjung Museum Ranggawarsita Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode PLSSEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap variabel minat kunjung ulang adalah variabel promosi, variabel kualitas pelayanan dan variabel daya tarik wisata. Kemudian, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap variabel citra wisata adalah variabel promosi dan variabel kualitas pelayanan. dan variabel yang berpengaruh terhadap daya tarik wisata adalah variabel kualitas pelayanan.
Keywords : Keywords: Service Quality, Intention to Revisit, Image Tourism, Promotion, Tourism Attractiveness, Museum., Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Minat Kunjung, Citra Wisata, Promosi, Daya Tarik Wisata, Museum.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:42
Last Modified: 14 Jan 2021 01:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item
View Item