KEMAMPUAN MENGADAPTASI SOLUSI INOVATIF SEBAGAI AKSELERATOR KINERJA TENAGA PENJUALAN

HIDAYAT, Dwi Suryanto and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(December 2020), KEMAMPUAN MENGADAPTASI SOLUSI INOVATIF SEBAGAI AKSELERATOR KINERJA TENAGA PENJUALAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Download (80kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Download (199kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kesenjangan hasil penelitian anatara orientasi pelanggan dengan kinerja tenaga penjualan mendasari terbentuknya sebuah konsep baru yang diberi nama kemampuan mengadaptasi solusi inovatif. Konsep baru ini merupakan hasil sintesis dari dua teori utama dalam bidang pemasaran yaitu Resource Advantage Theory of Competition dam Service Dominant Logic. Untuk menyempurnakan model penelitian ditambahkan 3 variabel lainnya, yaitu kapasitas absorpsi, keunggulan kecerdasan kompetitif, dan kualitas keterikatan. Berdasarkan model empiris yang terbentuk, diperoleh 7 hipotesis yang diuji dengan model persamaan struktural. Survei terhadap tenaga penjualan industri dilakukan di wilayah Jawa Tengah dalam waktu 5 bulan dan memperoleh 311 responden dengan 257 data valid dan reliabel. Luaran pengujian menunjukkan hasil yang memuaskan dengan menerima 6 hipotesis dan menolak 1 hipotesis. Kemampuan mediasi konsep baru diuji melaui uji perbedaan model dan uji Sobel. Kedua jenis pengujian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengadaptasi solusi inovatif merupakan mediator penuh bagi hubungan antara orientasi konsumen terhadap kinerja tenaga penjualan. Berdaarkan hasil ini, maka kesenjangan penelitian pada relasi diantara keduanya dapat terselesaikan oleh konsep kemampuan mengadaptasi solusi inovatif. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi konsumen memberikan kontribusi positifnya secara lebih baik jika melalui kemampuan mengadaptasi solusi inovatif yang mampu meningkatkan kualitas keterikatan.
Keywords : Consumer orientation, absorption capacity, competitive intelligence advantage, innovative solutions adaptability, attachment quality, salespeople performance., Orientasi konsumen, kapasitas absorpsi, keunggulan kecerdasan kompetitif, kemampuan mengadaptasi solusi inovatif, kualitas keterikatan, kenerja tenaga penjualan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dwi Hidayat
Date Deposited: 25 Jan 2021 05:01
Last Modified: 25 Jan 2021 07:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item
View Item