HIDAYAT, Dwi Suryanto and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(December 2020), KEMAMPUAN MENGADAPTASI SOLUSI INOVATIF SEBAGAI AKSELERATOR KINERJA TENAGA PENJUALAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
Download (80kB)
Download (80kB)
Text (Abstrak (Inggris))
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
Download (61kB)
Download (61kB)
Text (Daftar Isi)
Download (199kB)
Download (199kB)
Text (Daftar Pustaka)
Download (199kB)
Download (199kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Kesenjangan hasil penelitian anatara orientasi pelanggan dengan kinerja
tenaga penjualan mendasari terbentuknya sebuah konsep baru yang diberi nama
kemampuan mengadaptasi solusi inovatif. Konsep baru ini merupakan hasil sintesis
dari dua teori utama dalam bidang pemasaran yaitu Resource Advantage Theory of
Competition dam Service Dominant Logic. Untuk menyempurnakan model
penelitian ditambahkan 3 variabel lainnya, yaitu kapasitas absorpsi, keunggulan
kecerdasan kompetitif, dan kualitas keterikatan.
Berdasarkan model empiris yang terbentuk, diperoleh 7 hipotesis yang diuji
dengan model persamaan struktural. Survei terhadap tenaga penjualan industri
dilakukan di wilayah Jawa Tengah dalam waktu 5 bulan dan memperoleh 311
responden dengan 257 data valid dan reliabel. Luaran pengujian menunjukkan hasil
yang memuaskan dengan menerima 6 hipotesis dan menolak 1 hipotesis.
Kemampuan mediasi konsep baru diuji melaui uji perbedaan model dan uji
Sobel. Kedua jenis pengujian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan
mengadaptasi solusi inovatif merupakan mediator penuh bagi hubungan antara
orientasi konsumen terhadap kinerja tenaga penjualan. Berdaarkan hasil ini, maka
kesenjangan penelitian pada relasi diantara keduanya dapat terselesaikan oleh
konsep kemampuan mengadaptasi solusi inovatif. Temuan lain dari penelitian ini
menunjukkan bahwa orientasi konsumen memberikan kontribusi positifnya secara
lebih baik jika melalui kemampuan mengadaptasi solusi inovatif yang mampu
meningkatkan kualitas keterikatan.
Keywords : | Consumer orientation, absorption capacity, competitive intelligence advantage, innovative solutions adaptability, attachment quality, salespeople performance., Orientasi konsumen, kapasitas absorpsi, keunggulan kecerdasan kompetitif, kemampuan mengadaptasi solusi inovatif, kualitas keterikatan, kenerja tenaga penjualan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Dwi Hidayat |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 05:01 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 07:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8058 |