FAIZAL, Dwi Mohamad and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(22 December 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA PRODUK PANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (Kasus Produk Pangan UMKM Kota Tangerang Selatan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (76kB)
Download (76kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (175kB)
Download (175kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (202kB)
Download (202kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Semakin meningkatnya pengetahuan agama mendorong masyarakat muslim untuk mulai sadar dan memilih produk halal. Untuk mengetahui suatu produk halal atau tidak dapat dilihat dengan pencatuman label halal pada produk. Dengan adanya label halal menjadi sarana informasi terkait proses dan bahan baku yang digunakan halal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas, kesadaran halal,motif ekonomi, branding terhadap keputusan pencantuman label halal pada produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kota Tangerang Selatan. Penelitian ini mengunakan data primer dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM makanan dan minuman di kota Tangerang selatan dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis penelitian menunjukan variabel religiusitas menjadi variabel paling dominan dalam keputusan pelaku UMKM mencantumkan label halal. Hal ini membuktikan mencantumkan label halal sebagai bentuk melaksanakan perintah agama terkait kehalalan produk. Variabel lain yang secara parsial berpengaruh positif adalah sosial budaya, kesadaran halal dan branding. Sedangkan variabel ekonomi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pencantuman label halal pada produk UMKM. Secara stimultan variabel religiusitas, kesadaran halal. ekonomi, branding dan sosial budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pencantuman label halal pada produk UMKM.
Keywords : | religiosity, halal awareness, economic motive, branding, socio-culture and halal logo., Religiusitas, kesadaran halal, motif ekonomi, branding, sosial budaya dan label halal |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Dwi Mohamad Faizal |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 07:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 07:43 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8060 |