ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN SEDEKAH ONLINE MASYARAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING DI KOTA SEMARANG

ALFAUZI, Abdulfakhmi and SETIAWAN, Achma Hendra,(22 December 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN SEDEKAH ONLINE MASYARAKAT MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan internet di Indonesia memiliki perkembangan yang cepat. sekitar 64,8 persen masyarakat indonesia sudah terhubung ke internet. Angka ini meningkat dari tahun 2017 yang pada saat itu Indonesia tercatat sebanyak 54,86 persen. Dari perkembangan internet ini muncul perusahaan teknologi keuangan yang menggunakan model Crowdfunding. Crowdfunding adalah suatu upaya galang dana yang menghubungkan antara penggalang dana dengan pemilik dana dalam suatu proyek tertuntu berbasis online. Melihat gaya hidup masyarakat Indonesia yang telah melibatkan teknologi dalam aktivitas sehari-hari membuat Crowdfunding selalu mengalami kenaikan donasi dari tahun ke tahun Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat kota Semarang dalam menyalurkan sedekah melalui platform online kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian data dengan menggunakan program SPSS statistics 20. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive sampling yang mana metode pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan, pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam berdonasi melalui platform online. Sementara secara parsial gaya hidup dan kepuasan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dalam berdonasi melalui platform online. Sedangkan secara simultan pengetahuan, pendapatan, gaya hidup dan kepuasan berpengaruh posit
Keywords : Alms, Online, Internet, Donation, Knowledge, Income, Lifestyle,Satisfaction, Decision, Kitabisa, Crowdfunding, Semarang, Sedekah, Online, Internet, Donasi, Pengetahuan, Pendapatan, Gaya Hidup, Kepuasan, Keputusan, Kitabisa, Crowdfunding, Semarang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: abdul fakhmi alfauzi
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:42
Last Modified: 27 Jan 2021 07:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8061

Actions (login required)

View Item
View Item