WIDYASTUTI, Anggadewi and MUDIANTONO, Mudiantono,(6 September 2010), STUDI TENTANG KEPUASAN PELANGGAN GAS PADA PT PERTAMINA EKSPLORASI DAN PRODUKSI REGION JAWA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (95kB)
Download (95kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (134kB)
Download (134kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (134kB)
Download (134kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Download (707kB)
Download (707kB)
Abstract
Kepuasan pelanggan akan terwujud apabila perusahaan dapat memberikan
kualitas produk yang dapat memenuhi harapan pelanggan. Oleh sebab itu
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kualitas
produk, kualitas layanan yang dirasakan dan harga yang dirasakan yang diberikan
oleh perusahaan dengan harapan pelanggan. Data mengenai kualitas produk,
kualitas layanan yang dirasakan dan harga yang dirasakan dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner kepada 32 pelanggan gas PT PERTAMINA EP Region
Jawa. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa tingkat
kesesuaian antara kinerja dan harapan pelanggan atas kualitas produk adalah
sebesar 99.81%, tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan pelanggan atas
kualitas layanan yang dirasakan adalah sebesar 92.58%, dan tingkat kesesuaian
antara kinerja dan harapan pelanggan atas harga yang dirasakan adalah sebesar
94.11%.
Indikator kualitas produk yang meliputi : kontinuitas supply gas;
komposisi gas; ketepatan jumlah gas dan kandungan pengotor gas berada di
kuadran B, tekanan; Spesivic Gravity (SG) dan Gross Heating Value (GHV)
berada di kuadran C.
Indikator kualitas layanan yang dirasakan yang meliputi : respon terhadap
komplain; kondisi alat ukur penyaluran gas dan fasilitas penyaluran gas berada di
kuadran A, media untuk menyampaikan saran/komplain yang mudah diakses dan
informasi tentang perubahan terkait produk berada di kuadran B, Health, Safety
and Environment berada di kuadran C dan temu pelanggan gas berada di
kuadran D.
Indikator harga yang dirasakan yang meliputi : kesesuaian harga dengan
spesifikasi / jenis gas yang disalurkan berada di kuadran A, kesesuaian harga
dengan spesifikasi / jenis gas yang disalurkan berada di kuadran B, kesesuaian
harga dengan titik serah gas berada di kuadran D.
Berdasarkan hasil analisis IPA, maka untuk meningkatkan kesesuaian
harapan pelanggan dan kinerja perusahaan atas kualitas produk, kualitas layanan
yang dirasakan, harga yang dirasakan perlu dilakukan pemeliharaan terhadap
Kontinuitas supply gas; komposisi gas; ketepatan jumlah gas dan kandungan
pengotor gas, meningkatkan respon terhadap komplain, perbaikan terhadap
kondisi alat ukur dan fasilitas penyaluran gas serta memperbaiki harga gas yang
disesuaikan dengan kuota gas yang disalurkan.
Keywords : | product quality, perceived service quality, perceived price, kualitas produk, harga yang dirasakan dan kualitas layanan yang dirasakan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 02:23 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 02:23 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8157 |