ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN USAHA, DAN ORIENTASI STRATEGI TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN MEDIASI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM yang beroperasi di Mall-Mall Kota Semarang)

NUGROHO, R Fajar and MIYASTO, Miyasto and SUGIARTO, PH,SU.,(25 February 2015), ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN USAHA, DAN ORIENTASI STRATEGI TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN MEDIASI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM yang beroperasi di Mall-Mall Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indinesia)] Text (Abstrak (Indinesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh perpektif orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan usaha, dan orientasi strategi terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis. Sampel penelitian ini adalah manajer UMKM yang beroperasi pada Mall�mall di Kota Semarang, sejumlah 245 responden. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa perpektif orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan usaha, dan orientasi strategi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja bisnis dengan mediasi keunggulan bersaing adalah adaptabilitas lingkungan usaha, kemudian orientasi strategi dan kemudian perspektif orientasi kewirausahaan. Implikasi yang disarankan kepada UMKM, agar UMKM harus mampu menciptakan keunggulan kompetitif melalui manajemen pasar dan manajemen produksi yang lebih unggul daripada yang lain; dalam konteks strategi pemasaran, UMKM harus mampu mendistribusikan produk dengan cepat dengan harga yang bersaing. Dalam konteks perspektif orientasi kewirausahaan, UMKM harus menekankan pola inovasi/kreativitas dan memiliki keberanian mengambil resiko
Keywords : Keywords: perspective of entrepreneural orientation; environmental adaptability; strategic orientation, competitive advantage, and bussiness performance, Kata Kunci: Perspektif orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan usaha, orientasi strategi, keunggulan bersaing, dan kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 23 Apr 2021 05:24
Last Modified: 23 Apr 2021 05:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item
View Item