I HARTATI, Dyah Edi H and MIYASTO, Miyasto and KUSUMAWARDHANI, Amie,(6 December 2014), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RISIKO KREDIT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING ( StudiKasusPada PT “X” Finance Indonesia ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (449kB)
Download (449kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (356kB)
Download (356kB)
Text (Abstrak (Indinesia))
- Published Version
Download (420kB)
Download (420kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (515kB)
Download (515kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (600kB)
Download (600kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah model untuk
meningkatkan daya saing PT “X” Finance Indonesia yang dilihat dari aspek
kualitas pemberian kredit, kualitas penagihan dan risiko kreditnya. Untuk
mengembangkan model tersebut, responden yang diperlukan pada penelitian ini
adalah Branch Manager PT “X” Finance Indonesia sejumlah 120 orang.
Data dari semua responden yang dikumpulkan melalui kuesioner,
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif melalui nilai indeks dan
analisis inferensial dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang
dijalankan dengan perangkat lunak AMOS versi 21.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan teknik SEM menunjukkan
bahwa kualitas pemberian kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
risiko kredit, kualitas penagihan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
risiko kredit kredit, kualitas pemberian kredit berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keunggulan bersaing, kualitas penagihan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keunggulan bersaing dan risiko kredit berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dari dua kebijakan yang
mempengaruhi risiko kredit diketahui bahwa kualitas penagihan merupakan
faktor yang utama dan indikator yang memiliki pengaruh terbesar dalam kualitas
penagihan adalah frekuensi kunjungan penagihan ke konsumen. Implikasi
manajerial yang dapat disarankan dalam penelitian ini adalah kebijakan yang
menitikberatkan pada kualitas penagihan, untuk itu perusahaaan harus
memperhatikan dan melakukan standarisasi kunjungan collector terhadap
konsumen yang menunggak dan melakukan kontrol terhadap aktivitas tersebut.
Keywords : | Keywords: Quality of lending policy, the quality of collection, credit risk and competitive advantage, Kata kunci : Kebijakan kualitas pemberian kredit, kualitas penagihan, risiko kredit dan keunggulan bersaing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 06:03 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 06:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8169 |