MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA BISNIS STUDI PADA UKM PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA DI NGEMPLAK KIDUL MARGOYOSO KABUPATEN PATI

AKHIRI, Amirul A and MIYASTO, Miyasto and DJASTUTI, Indi,(16 July 2016), MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA BISNIS STUDI PADA UKM PENGOLAHAN TEPUNG TAPIOKA DI NGEMPLAK KIDUL MARGOYOSO KABUPATEN PATI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indinesia)] Text (Abstrak (Indinesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka perusahaan - perusahaan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Semakin ketatnya persaingan tersebut maka perusahaan harus memahami apa dan bagaimana cara untuk mengelola berbagai sumber daya yang dimilikinya. Kunci penting untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Berpijak pada fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menguji peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dalam membangun keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Data-data mengenai orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner tersebut dijawab oleh pemilik atau pengelola UKM pengolahan tepung tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso Kabupaten Pati. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa orientasi pasar terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan; orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis.
Keywords : Keywords: market orientation, entrepreneurial orientation, competitive advantage, business performance, Kata Kunci: orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:44
Last Modified: 27 Apr 2021 06:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item
View Item