ANALISIS MODAL INTELEKTUAL, CUSTOMER RELATIONSHIP DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA JASA FOTOGRAFI

PERSADA, dias gilang and KUSUMAWARDHANI, Amie,(5 April 2021), ANALISIS MODAL INTELEKTUAL, CUSTOMER RELATIONSHIP DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA JASA FOTOGRAFI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak ( Inggris )] Text (Abstrak ( Inggris )) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (259kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengambil objek pada Bisnis fotografi di Kota Semarang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intelektual kapital, inovasi produk dan customer relationship terhadap keunggulan bersaing guna meningkatkan kinerja perusahaan pada industri jasa fotografi. Berdasarkan hasil prasuvey wawancara dengan beberapa pengusaha fotografi di Kota Semarang dapat disimpulkan bahwa perkembangan bisnis fotografi selama tiga sampai lima tahun belakangan ini sangat cepat dan juga kesimpulan dari hasil wawancara didapatkan bahwa omset penjualan mulai mengalami penurunan yang disebabkan karena semakin banyak pendatang baru di bisnis fotografi. Responden yang digunakan pada penelitin ini yaitu 50 usaha fotografi di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan partial least square (PLS) dengan program computer SMART PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing memiliki pengaruh yang tidak signifikan sebagai pemediasi antara modal intelektual terhadap kinerja. Namun keunggulan bersaing menunjukkan pengaruh signifikan sebagai pemediasi antara hubungan pelanggan dan inovasi produk terhadap kinerja. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana pengaruh hubungan antara variable laten yang diteliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keunggulan bersaing tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, modal intelektual berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis, hubungan pelangganberpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis.
Keywords : Competitive Advantage, Business Performance, Intellectual Capital, Customer Relations, Product Innovation, Keunggulan bersaing, kinerja bisnis, modal intelektual, hubungan pelanggan, inovasi produk
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: dias gilang persada
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:41
Last Modified: 30 Apr 2021 04:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item
View Item