PERSADA, dias gilang and KUSUMAWARDHANI, Amie,(5 April 2021), ANALISIS MODAL INTELEKTUAL, CUSTOMER RELATIONSHIP DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING GUNA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA JASA FOTOGRAFI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Abstrak ( Inggris ))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (17kB)
Download (17kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (259kB)
Download (259kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengambil objek pada Bisnis fotografi di Kota Semarang.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intelektual kapital, inovasi
produk dan customer relationship terhadap keunggulan bersaing guna
meningkatkan kinerja perusahaan pada industri jasa fotografi. Berdasarkan hasil
prasuvey wawancara dengan beberapa pengusaha fotografi di Kota Semarang dapat
disimpulkan bahwa perkembangan bisnis fotografi selama tiga sampai lima tahun
belakangan ini sangat cepat dan juga kesimpulan dari hasil wawancara didapatkan
bahwa omset penjualan mulai mengalami penurunan yang disebabkan karena
semakin banyak pendatang baru di bisnis fotografi. Responden yang digunakan
pada penelitin ini yaitu 50 usaha fotografi di Kota Semarang. Penelitian ini
menggunakan partial least square (PLS) dengan program computer SMART PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing memiliki pengaruh
yang tidak signifikan sebagai pemediasi antara modal intelektual terhadap kinerja.
Namun keunggulan bersaing menunjukkan pengaruh signifikan sebagai pemediasi
antara hubungan pelanggan dan inovasi produk terhadap kinerja.
Penelitian ini juga menganalisis bagaimana pengaruh hubungan antara
variable laten yang diteliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keunggulan
bersaing tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, modal intelektual
berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis, hubungan
pelangganberpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis
dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan
kinerja bisnis.
Keywords : | Competitive Advantage, Business Performance, Intellectual Capital, Customer Relations, Product Innovation, Keunggulan bersaing, kinerja bisnis, modal intelektual, hubungan pelanggan, inovasi produk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | dias gilang persada |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8310 |