TRANFORMASI PT.KAI DENGAN ANALISIS STRATEGI 7S MCKINSEY

ADITYO, Benito and SUHARNOMO, Suharnomo,(26 August 2015), TRANFORMASI PT.KAI DENGAN ANALISIS STRATEGI 7S MCKINSEY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (247kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (350kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (352kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (478kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan instansi yang dinilai telah melakukan transformasi menjadi lebih baik. Operator kereta api satu-satunya di Indonesia ini telah mengalami peningkatan saat momentum transformasi pada tahun 2009. Manajemen perubahan yang dilakukan menjadi kajian utama dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan manajemen perubahan berbasis pada transformasi. Sedangkan alat ukur kajian menggunakan Analisis Strategi 7’S McKinsey. Adapun unsur dalam Analisis Strategi 7’S McKinsey meliputi strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai unit analisis, sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui hasil wawancara dengan informan, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perubahan yang dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) begitu mendetail dan melibatkan semua aspek. Semua unsur dalam Analisis Strategi 7’S McKinsey meliputi strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan telah dilakukan dengan baik. Dan yang paling menonjol yakni gaya kepemimpinan Ignasius Jonan selama menjabat menjadi Direktur Utama pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa manajemen perubahan yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) terbukti mampu meningkatkan kinerja maupun keuntungan yang diperoleh. Namun demikian transformasi tidak mungkin berhenti cukup disini sehingga harus dilanjutkan sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan. Adapun saran yang dapat direkomendasikan diantaranya, Figur kepemimpinan yang patut dicontoh dan diteladani segenap jajaran pegawai maupun direksi PT KAI, Perencanaan pengembangan yang bertahap dan berkelanjutan.
Keywords : Transformation, Strategy Analysis 7'S McKinsey, Transformasi, Analisis Strategi 7’S McKinsey
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 May 2021 04:36
Last Modified: 03 May 2021 05:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item
View Item