ADITYO, Benito and SUHARNOMO, Suharnomo,(26 August 2015), TRANFORMASI PT.KAI DENGAN ANALISIS STRATEGI 7S MCKINSEY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (247kB)
Download (247kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (238kB)
Download (238kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (350kB)
Download (350kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (352kB)
Download (352kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (478kB)
Download (478kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan instansi yang dinilai telah
melakukan transformasi menjadi lebih baik. Operator kereta api satu-satunya di
Indonesia ini telah mengalami peningkatan saat momentum transformasi pada
tahun 2009. Manajemen perubahan yang dilakukan menjadi kajian utama dalam
penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan manajemen perubahan
berbasis pada transformasi. Sedangkan alat ukur kajian menggunakan Analisis
Strategi 7’S McKinsey. Adapun unsur dalam Analisis Strategi 7’S McKinsey
meliputi strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai unit
analisis, sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui hasil wawancara
dengan informan, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perubahan yang
dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) begitu mendetail dan melibatkan
semua aspek. Semua unsur dalam Analisis Strategi 7’S McKinsey meliputi
strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan telah
dilakukan dengan baik. Dan yang paling menonjol yakni gaya kepemimpinan
Ignasius Jonan selama menjabat menjadi Direktur Utama pada PT. Kereta Api
Indonesia (KAI)
Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa manajemen perubahan yang
dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) terbukti mampu meningkatkan
kinerja maupun keuntungan yang diperoleh. Namun demikian transformasi tidak
mungkin berhenti cukup disini sehingga harus dilanjutkan sesuai dengan tahapan
yang telah direncanakan. Adapun saran yang dapat direkomendasikan
diantaranya, Figur kepemimpinan yang patut dicontoh dan diteladani segenap
jajaran pegawai maupun direksi PT KAI, Perencanaan pengembangan yang
bertahap dan berkelanjutan.
Keywords : | Transformation, Strategy Analysis 7'S McKinsey, Transformasi, Analisis Strategi 7’S McKinsey |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 03 May 2021 04:36 |
Last Modified: | 03 May 2021 05:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8344 |