SULASTRI, Wiwik and SOESANTO, Harry and DARMASTUTI, Ismi,(6 September 2010), KEPUASAN DAN KOMITMEN MAHASISWA SEBAGAI ANTASEDEN WORD OF MOUTH POSITIF SEBUAH PERGURUAN TINGGI Studi Kasus Pada : Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang ( U N I M U S ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (141kB)
Download (141kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (116kB)
Download (116kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (151kB)
Download (151kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (188kB)
Download (188kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Dilakukannya penelitian ini didasarkan pada fenomena data (bisnis) yang
menunjukkan terjadinya kecenderungan penurunan jumlah mahasiswa baru Prodi S1
Keperawatan FIKKES UNIMUS dari TA 2004/2005 sampai dengan TA 2008/2009
yang tentunya tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak manajemen . Selain
jumlah mahasiswa baru yang turun, fenomena data juga menunjukkan adanya
penurunan komunikasi WOM oleh mahasiswa terhadap pendaftar Prodi S1
Keperawatan UNIMUS padahal peran WOM positif sangat penting bagi penyedia
jasa agar konsumen tertarik mengkonsumsi jasa yang ditawarkan.
Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut, dilakukan telaah pustaka
serta jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang selanjutnya mengarahkan peneliti
untuk mengembangkan empat buah hipotesis dari empat buah konstruk yang
diteliti. Hipotesis diuji dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation
Modeling (SEM). Data empiris yang diperlukan untuk menguji hipotesis diperoleh
dari 120 kuesioner yag disebarkan kepada responden mahasiswa Prodi S1
Keperawatan FIKKES UNIMUS.
Hasil pengujian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa model
yang diuji dapat diterima serta pengujian hipotesis mengenai pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap
WoM positif, pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap komitmen mahasiswa, dan
pengaruh komitmen mahasiswa terhadap WoM positif dapat diterima dan
dibuktikan.
Keywords : | service quality, student satisfaction, student commitment, positive WOM, kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, komitmen mahasiswa, WoM positif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 05 May 2021 05:34 |
Last Modified: | 05 May 2021 05:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8391 |