RONAULI, Oktavida and RAHARDJO, Susilo Toto and PERDHANA, Mirwan Surya,(30 January 2021), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN STRATEGI INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Penyewaan Kapal Tunda, Kapal Tongkang dan Floating Crane Rute Kalimantan Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (304kB)
Download (304kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (315kB)
Download (315kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Keunggulan Bersaing merupakan wujud bahwa suatu perusahaan memiliki
keunikan dan pembeda dari pesaing, ketika perusahaan sudah mencapai keunggulan
bersaing dapat berdampak positif pada Kinerja Perusahaan. Penelitian ini
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pada perusahaan
Perkapalan pengakutan batubara (rute Kalimantan Timur) yaitu Orientasi Pasar
(X1), Strategi Inovasi (X2) dan Keunggulan Bersaing sebagai intervening.
Sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 95 responden yang kemudian
diberi kuisioner untuk di jawab oleh responden akan tetapi kuisioner kembali
sebanyak 63 kuisioner, sehingga data yang diolah sebanyak 63 responden.
Penentuan sampel dilakukan dengan metode sensus yaitu memberikan kesempatan
yang sama pada populasi penelitian. Pada penelitian ini yang menjadi responden
adalah Senior Manager / Dept. Head perusahaan perkapalan pengakutan batubara
(rute Kalimantan Timur). Alat yang digunakan untuk menganalisis data adalah Partial Least Square (PLS) 3.0 dengan metode Structural Equation Modeling(SEM).Hasil penelitian ini menunjukan keseluruhan dari hipotesis dapat diterima. Adapun faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan positif yaitu Orientasi Pasar (X1), Strategi Inovasi (X2) terhadap Keunggulan Bersaing (Y1) dan faktor yang mempengaruhi secara langsung signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y2) yaitu Orientasi pasar dan strategi inovasi.
Keywords : | Market Orientation, Innovation Strategy, Competitive Advantage, and Company Performance., Orientasi Pasar, Strategi Inovasi, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Perusahaan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ms Oktavida Ronauli |
Date Deposited: | 19 May 2021 07:55 |
Last Modified: | 19 May 2021 07:55 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8524 |