PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Pada Pengguna iPhone di Kota Semarang)

WICAKSONO, Darmawan and RAHARDJO, Susilo Toto,(27 November 2013), PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Pada Pengguna iPhone di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat teknologi smartphone atau telepon pintar memicu persaingan ketat antar vendor ponsel untuk berusaha memperoleh pangsa pasar. iPhone yang beberapa tahun terakhir sempat menguasai pangsa pasar smartphone di berbagai wilayah di dunia kini semakin mendapat ancaman serius dari smartphone berbasis sistem operasi Android, terutama Samsung. Penjualan iPhone yang mengalami peningkatan pun nampaknya belum mampu meningkatkan pangsa pasarnya dari tahun ke tahun. Fenomena tersebut kemudian melatarbelakangi penyusunan penelitian ini. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elemen ekuitas merek diantaranya yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian iPhone. Penelitian ini dilakukan pada konsumen iPhone di Kota Semarang, dengan jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 100 responden dan menggunakan metode accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, serta uji hipotesis dengan uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis regresi diketahui pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian iPhone adalah variabel persepsi kualitas (X2) yang mempunyai koefisien sebesar 0,352. Kemudian variabel yang berpengaruh terbesar kedua adalah variabel loyalitas merek (X4) dengan koefisiensi sebesar 0,288. Selanjutnya adalah variabel kesadaran merek (X1) dengan koefisiensi 0,225, dan terakhir yang mempunyai pengaruh terkecil adalah variabel asosiasi merek (X3) dengan koefisiensi sebesar 0,203. Pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang digunakan dalam penelitian terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian dari hasil uji F menunjukkan bahwa keempat variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,541 menunjukkan bahwa sebesar 54,1 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 45,9 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : purchase decisions, brand awareness, perceived quality, brand association, and brand loyalty., keputusan pembelian, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 21 May 2021 03:00
Last Modified: 21 May 2021 03:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item
View Item