WICAKSONO, Darmawan and RAHARDJO, Susilo Toto,(27 November 2013), PENGARUH ELEMEN EKUITAS MEREK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Pada Pengguna iPhone di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (18kB)
Download (18kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan pesat teknologi smartphone atau telepon pintar memicu
persaingan ketat antar vendor ponsel untuk berusaha memperoleh pangsa pasar.
iPhone yang beberapa tahun terakhir sempat menguasai pangsa pasar smartphone di
berbagai wilayah di dunia kini semakin mendapat ancaman serius dari smartphone
berbasis sistem operasi Android, terutama Samsung. Penjualan iPhone yang
mengalami peningkatan pun nampaknya belum mampu meningkatkan pangsa
pasarnya dari tahun ke tahun. Fenomena tersebut kemudian melatarbelakangi
penyusunan penelitian ini.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elemen
ekuitas merek diantaranya yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek
dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian iPhone. Penelitian ini dilakukan
pada konsumen iPhone di Kota Semarang, dengan jumlah sampel yang ditentukan
sebanyak 100 responden dan menggunakan metode accidental sampling. Data yang
diperoleh dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis
regresi berganda, serta uji hipotesis dengan uji t, uji F, dan analisis koefisien
determinasi (R2).
Dari hasil analisis regresi diketahui pengaruh paling besar terhadap keputusan
pembelian iPhone adalah variabel persepsi kualitas (X2) yang mempunyai koefisien
sebesar 0,352. Kemudian variabel yang berpengaruh terbesar kedua adalah variabel
loyalitas merek (X4) dengan koefisiensi sebesar 0,288. Selanjutnya adalah variabel
kesadaran merek (X1) dengan koefisiensi 0,225, dan terakhir yang mempunyai
pengaruh terkecil adalah variabel asosiasi merek (X3) dengan koefisiensi sebesar
0,203. Pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel
independen yang digunakan dalam penelitian terbukti secara signifikan
mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian dari hasil uji F menunjukkan bahwa
keempat variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen.
Angka Adjusted R Square sebesar 0,541 menunjukkan bahwa sebesar 54,1 persen
variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen
dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 45,9 persen dijelaskan oleh
variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | purchase decisions, brand awareness, perceived quality, brand association, and brand loyalty., keputusan pembelian, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 21 May 2021 03:00 |
Last Modified: | 21 May 2021 03:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8541 |