RIFQI H, Ahmad and SURYANTO, Suryanto,(29 May 2007), ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP NILAI NASABAH DAN KEUNGGULAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah Cabang Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (236kB)
Download (236kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (217kB)
Download (217kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (217kB)
Download (217kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (222kB)
Download (222kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (347kB)
Download (347kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian dengan judul analisis pengaruh relationship marketing terhadap
nilai nasabah dan keunggulan produk dalam meningkatkan kepuasan nasabah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat kritik. Penelitian ini
mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh customer relationship marketing, nilai
nasabah dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah. Penggunaan variable�variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Tax, Brown dan
Chandrasekaran (1998), Mital, Ross dan Baldasare (1998), Too, Souchon dan
Thirkell (2000) dan Leo YM Sin et al (2002) yang menemukan pengaruh langsung
customer relationship marketing, nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap
kepuasan nasabah. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan
permasalahan yang terjadi pada PT. Bank BTN Syariah Cabang Yogyakarta.
Sampel penelitian ini adalah nasabah PT. Bank BTN Syariah Cabang
Yogyakarta, sejumlah 106 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang
dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data,
Hasil analisis menunjukkan bahwa customer relationship marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap nilai nasabah dan keunggulan produk, nilai nasabah
dan keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan
nasabah, yang merupakan penyebab terjadinya tingginya tingkat kritik yang
diterima PT. Bank BTN Syariah Cabang Yogyakarta perlu memperhatikan faktor�faktor seperti customer relationship marketing, nilai nasabah, dan keunggulan
produk, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya
kepuasan nasabah. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang
juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini
Keywords : | Customer Relationship Marketing, Customer Value, Product Excellence, and Customer Satisfaction, Customer Relationship Marketing, Nilai Nasabah, Keunggulan Produk, dan Kepuasan Nasabah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 21 May 2021 07:24 |
Last Modified: | 21 May 2021 07:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8551 |