Perempuan Pebisnis Dalam Budaya Jawa Di Semarang

TIKA, Anna Rindhian and YUNIAWAN, Ahyar and LATARUVA, Eisha,(27 August 2014), Perempuan Pebisnis Dalam Budaya Jawa Di Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (119kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan sekarang tidak mau ketinggalan tentang masalah pekerjaan. Banyak perempuan yang bekerja demi memperbaiki ekonomi keluarga. Membantu suami untuk mencari uang. Salah satunya adalah dengan berbisnis. Perempuan pebisnis sekarang ini sudah diakui oleh masyarakat karena kemampuan mereka dalam berbisnis dan membantu perekonomian keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi perempuan pebisnis yang ada di organisasi IWAPI Semarang. Penelitian ini merupakan fenomena perempuan pebisnis yang ada saat ini. Dengan informan anggota IWAPI semarang. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian perempuan pebisnis yang bergabung dengan organisasi IWAPI memiliki 3 motivasi yaitu motivasi berprestasi, motivasi afiliasi dan motivasi berkuasa. Motif berprestasi dalam berbisnis terletak pada kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan efisien, seseorang akan menjadi giat dan tekun dalam berupaya, tidak hanya sekedar mencari keuntungan, namun berusaha lebih keras agar mencintai pekerjaan untuk mendapatkan kepuasan dalam hidup. Motif berkuasa adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain dengan caranya sendiri. Lebih mementingkan kedudukan dan harga diri. Orang yang memiliki motif berkuasa akan sukses menjadi seorang pemimpin. Motif afiliasi dalam menjalankan bisnis lebih senang menjalin persahabatan dengan orang lain. Perempuan pebisnis Jawa memiliki motivasi untuk membantu suami dalam hal memperbaiki perekonomian keluarga. konsep konco wingki dalam budaya Jawa tidak mempengaruhi para perempuan pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Dalam berbisnis mereka menerapkan konsep nrimo ing pandum. Berapapun hasil yang didapat mereka terima dengan senang hati. Karena rejeki sudah ada yang mengatur. Meskipun mereka tidak ngoyo dalam berbisnis, kontribusi mereka membantu suami dalam menambah penghasilan keluarga membantu memperbaiki perekonomian keluarga.
Keywords : Key word: women entrepreneur, motivation, Javanese culture, IWAPI, Kata kunci : Perempuan Pebisnis Jawa, Motivasi, Budaya Jawa dan IWAPI
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 21 May 2021 07:32
Last Modified: 21 May 2021 07:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item
View Item