PURDIASWARI, Citra and RAHARDJO, Susilo Toto,(10 June 2016), ANALISIS RESTRUKTURISASI : PENERAPAN DEBIROKRATISASI PT. PLN (PERSERO) JAWA TENGAH DAN DI. YOGYAKARTA (Studi pada PT PLN (Persero) Area Magelang dan UL Salatiga). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (224kB)
Download (224kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (223kB)
Download (223kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh restrukturisasi
perusahaan pada PT PLN (Persero) terhadap kinerja perusahaan, kepuasan
karyawan, dan kepuasan pelanggan dengan melihat perbedaan pada 2 (dua) area
yang belum dan sudah direstrukturisasi. Penggunaan variabel-variabel tersebut
dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada PT. PLN (Persero) Distribusi
Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kondisi
perusahaan sebelum dan setelah dilakukan restrukturisasi, atas dasar ini diajukan
model teoritis dan 3 hipotesis untuk diuji beda dengan uji-t tidak berpasangan.
Sampel penelitian ini adalah 57 karyawan dan 103 pelanggan pada PT. PLN
(Persero) Area Magelang dan UL. Salatiga.
Hasil analisis uji-t tidak berpasangan memiliki nilai t-hitung kinerja
perusahaan -0,91 (t-tabel 1,99), kepuasan karyawan 7,76 (t-tabel 2,00) , dan
kepuasan pelanggan 4,11 (t-tabel 1,98).
Hasil analisis menunjukkan bahwa restrukturisasi berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan terhadap kepuasan
karyawan dan kepuasan pelanggan restrukturisasi berpengaruh negatif dan
signifikan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk restrukturisasi
pada perusahaan, manajemen PT. PLN (Persero) juga perlu memperhatikan
faktor-faktor seperti kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan, selain kinerja
perusahaan.
Keywords : | restructuration, corporate performance, employee satisfaction, customer satisfaction, restrukturisasi, kinerja perusahaan, kepuasan karyawan, kepuasan pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 21 May 2021 08:02 |
Last Modified: | 21 May 2021 08:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8561 |