ANALISIS RESTRUKTURISASI : PENERAPAN DEBIROKRATISASI PT. PLN (PERSERO) JAWA TENGAH DAN DI. YOGYAKARTA (Studi pada PT PLN (Persero) Area Magelang dan UL Salatiga)

PURDIASWARI, Citra and RAHARDJO, Susilo Toto,(10 June 2016), ANALISIS RESTRUKTURISASI : PENERAPAN DEBIROKRATISASI PT. PLN (PERSERO) JAWA TENGAH DAN DI. YOGYAKARTA (Studi pada PT PLN (Persero) Area Magelang dan UL Salatiga). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh restrukturisasi perusahaan pada PT PLN (Persero) terhadap kinerja perusahaan, kepuasan karyawan, dan kepuasan pelanggan dengan melihat perbedaan pada 2 (dua) area yang belum dan sudah direstrukturisasi. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kondisi perusahaan sebelum dan setelah dilakukan restrukturisasi, atas dasar ini diajukan model teoritis dan 3 hipotesis untuk diuji beda dengan uji-t tidak berpasangan. Sampel penelitian ini adalah 57 karyawan dan 103 pelanggan pada PT. PLN (Persero) Area Magelang dan UL. Salatiga. Hasil analisis uji-t tidak berpasangan memiliki nilai t-hitung kinerja perusahaan -0,91 (t-tabel 1,99), kepuasan karyawan 7,76 (t-tabel 2,00) , dan kepuasan pelanggan 4,11 (t-tabel 1,98). Hasil analisis menunjukkan bahwa restrukturisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan terhadap kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan restrukturisasi berpengaruh negatif dan signifikan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk restrukturisasi pada perusahaan, manajemen PT. PLN (Persero) juga perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kepuasan karyawan dan kepuasan pelanggan, selain kinerja perusahaan.
Keywords : restructuration, corporate performance, employee satisfaction, customer satisfaction, restrukturisasi, kinerja perusahaan, kepuasan karyawan, kepuasan pelanggan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 21 May 2021 08:02
Last Modified: 21 May 2021 08:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item
View Item