LESTARI, Lela and DJASTUTI, Indi,(12 June 2019), IMPLEMENTASI SMART TECHNOLOGY, ARTIFICIAL INTELLIGENCE, ROBOTICS, AND ALGORITHMS (STARA): SEBUAH ANCAMAN ATAU PELUANG BAGI MASA DEPAN PEKERJA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (277kB)
Download (277kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (440kB)
Download (440kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (440kB)
Download (440kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (457kB)
Download (457kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (737kB)
Download (737kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Studi kualitatif fenomenologi ini bertujuan untuk menguji dan membandingkan persepsi pekerja pada sektor perbankan mengenai implementasi STARA dalam pekerjaan mereka. Studi ini dilaksanakan melalui wawancara mendalam terhadap informan mengenai persepsi tentang optimalisasi implementasi STARA pada sektor perbankan yang berupa digitalisasi perbankan pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Informan pada penelitian ini adalah pegawai bank pada posisi teller, costumer service, dan back office. Pengambilan sampel menggunakan metode non random sampling dengan teknik purposive sampling yang jumlahnya sebanyak 12 informan, terdiri dari empat teller, empat costumer service, dan empat back office. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pegawai bank pada posisi frontliner yaitu teller merasa terancam posisi mereka dapat digantikan oleh adanya implementasi STARA. Namun, sebagian informan pada posisi frontliner yaitu customer service juga menyatakan tidak merasa terancam, karena mereka yakin ada kenyamanan tersendiri ketika nasabah dilayani oleh manusia daripada dilayani oleh mesin. Sedangkan, pegawai bank pada posisi back office belum merasakan adanya ancaman dengan adanya implementasi STARA dikarenakan mereka merasa bahwa proses analisa tidak sepenuhnya dapat dilakukan dengan tepat oleh sebuah sistem dan masih memerlukan manusia. Selain itu, pegawai pada posisi back office menyebutkan bahwa adanya implementasi STARA memberikan kemudahan bagi mereka dalam menyelesaikan pekerjaan dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mencapai prestasi kerja. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan para pegawai belum merasakan adanya penurunan komitmen terhadap organisasi, hambatan dalam kemajuan karir, keinginan untuk berpindah, bersikap sinis, maupun depresi ketika bekerja dengan adanya implementasi STARA yang diprediksikan dapat merebut pekerjaan mereka.
Keywords : | STARA, banking digitalization, disruptive technology, bank employees, work commitment., STARA, digitalisasi perbankan, disrupsi teknologi, pegawai bank, komitmen kerja. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 28 May 2021 04:01 |
Last Modified: | 28 May 2021 04:01 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8632 |