ASTUTI, Eva Jati and GUNANTO, Edy Yusuf Agung and KHASANAH, Imroatul,(28 March 2013), ANALISIS MODEL PENGELOLAAN LOYALITAS NASABAH DI BANK BRI KANTOR CABANG PURWODADI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (56kB)
Download (56kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (66kB)
Download (66kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (396kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (396kB) | Request a copy
Abstract
Bertambah kompleksnya kebutuhan nasabah yang dipengaruhi lingkungan
sosial ekonomi yang beragam, faktor gaya hidup, dapat menyebabkan kebutuhan
setiap nasabah bermacam-macam dan menjadi tantangan baru bagi penyedia jasa
perbankan dengan menyediakan berbagai macam produk perbankan sesuai
keinginan pelanggan. Sehingga bagaimana strategi sebuah bank dapat menjawab
tantangan-tantangan ini merupakan suatu hal yang menarik, meliputi berbagai
faktor yang saling berkaitan antara proses layanan nasabah, sumber daya manusia,
hingga kemajuan teknologi informasi dan srategi yang diterapkan untuk
menciptakan loyalitas nasabah menjadi suatu keharusan. Oleh sebab itu penelitian
ini ditujukan untuk menganalisis bagaimana meningkatkan kepuasan nasabah
yang dapat berdampak pada peningkatan loyalitas.
Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini dikembangkan sebuah model
penelitian dengan menggunakan lima variabel penelitian yang meliputi kualitas
pelayanan, customer relationship management, kepuasan nasabah, trust, dan
loyalitas nasabah dengan empat hipotesis penelitian. Data-data yang diperlukan
dalam penelitian diperoleh melalui wawancara kepada nasabah Bank BRI Kantor
Cabang Purwodadi dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara
statistik terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah,
customer relationship management secara statistik terbukti berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kepuasan nasabah secara statistik
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan trust
secara statistik terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah
Keywords : | Keywords : service quality, customer relationship management, customer satisfaction, trust, customer loyalty, Kata Kunci : kualitas pelayanan, customer relationship management, kepuasan nasabah, trust, loyalitas nasabah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 31 May 2021 08:44 |
Last Modified: | 31 May 2021 08:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8667 |