PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN INFORMASI KEBETULAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MALANG

ZAIDAN, Andi Fikri and SUKRESNA, I Made,(11 May 2021), PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN INFORMASI KEBETULAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MALANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (284kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (425kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertama, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara langsung pengaruh faktor situasional pesan kelangkaan dan informasi kebetulan terhadap pembelian impulsif online serta secara tidak langsung dengan dimediasi kesenangan yang dirasakan pada generasi milenial di Kota Malang. Kedua, penelitian ini ingin melihat peran moderasi dari motif belanja hedonis pada hubungan pesan kelangkaan dan informasi kebetulan terhadap pembelian impulsif online. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, total sampel yang diperoleh sebanyak 240 responden. Analisis data menggunakan analisis faktor konfirmatori, uji validitas dan reliabilitas, dan pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor situasional secara positif memiliki pengaruh langsung terhadap pembelian impusif online dan tidak langsung dengan dimediasi kesenangan yang dirasakan pada generasi milenial di Kota Malang. Motif belanja hedonis secara positif memoderasi hubungan antara pesan kelangkaan dan pembelian impulsif online, namun tidak memoderasi hubungan antara informasi kebetulan terhadap pembelian impusif online. Temuan ini merekomendasikan penjual online untuk memakai pesan kelangkaan dan informasi kebetulan sebagai pertimbangan dalam menjual produk mereka. Faktor-faktor tersebut berpotensi memotivasi konsumen untuk berbelanja secara hedonis dengan keinginan membeli secara impulsif. Kata Kunci: Pesan Kelangkaan, Informasi Kebetulan, Motif Belanja Hedonis, Kesenangan Yang Dirasakan, Pembelian Impulsif Online.
Keywords : Scarcity Message, Serendipity Information, Hedonic Shopping Motive, Perceived Enjoyment, Online Impulsive Buying, Pesan Kelangkaan, Informasi Kebetulan, Motif Belanja Hedonis, Kesenangan Yang Dirasakan, Pembelian Impulsif Online
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Andi Fikri
Date Deposited: 10 Jun 2021 01:40
Last Modified: 10 Jun 2021 01:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item
View Item