ZAIDAN, Andi Fikri and SUKRESNA, I Made,(11 May 2021), PENGARUH PESAN KELANGKAAN DAN INFORMASI KEBETULAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA MALANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (209kB)
Download (209kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (284kB)
Download (284kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (196kB)
Download (196kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (425kB)
Download (425kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pertama, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara langsung pengaruh faktor situasional pesan kelangkaan dan informasi kebetulan terhadap pembelian impulsif online serta secara tidak langsung dengan dimediasi kesenangan yang dirasakan pada generasi milenial di Kota Malang. Kedua, penelitian ini ingin melihat peran moderasi dari motif belanja hedonis pada hubungan pesan kelangkaan dan informasi kebetulan terhadap pembelian impulsif online. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, total sampel yang diperoleh sebanyak 240 responden. Analisis data menggunakan analisis faktor konfirmatori, uji validitas dan reliabilitas, dan pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor situasional secara positif memiliki pengaruh langsung terhadap pembelian impusif online dan tidak langsung dengan dimediasi kesenangan yang dirasakan pada generasi milenial di Kota Malang. Motif belanja hedonis secara positif memoderasi hubungan antara pesan kelangkaan dan pembelian impulsif online, namun tidak memoderasi hubungan antara informasi kebetulan terhadap pembelian impusif online. Temuan ini merekomendasikan penjual online untuk memakai pesan kelangkaan dan informasi kebetulan sebagai pertimbangan dalam menjual produk mereka. Faktor-faktor tersebut berpotensi memotivasi konsumen untuk berbelanja secara hedonis dengan keinginan membeli secara impulsif.
Kata Kunci: Pesan Kelangkaan, Informasi Kebetulan, Motif Belanja Hedonis, Kesenangan Yang Dirasakan, Pembelian Impulsif Online.
Keywords : | Scarcity Message, Serendipity Information, Hedonic Shopping Motive, Perceived Enjoyment, Online Impulsive Buying, Pesan Kelangkaan, Informasi Kebetulan, Motif Belanja Hedonis, Kesenangan Yang Dirasakan, Pembelian Impulsif Online |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Andi Fikri |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 01:40 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 01:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8755 |