ANALISIS STRATEGI RUMAH SAKIT DALAM MENGHADAPI ERA BPJS KESEHATAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PANTI RAHAYU KABUPATEN GROBOGAN)

WIJAYANTO, Andika Wahyu and MAHFUDZ, Mahfudz,(30 June 2021), ANALISIS STRATEGI RUMAH SAKIT DALAM MENGHADAPI ERA BPJS KESEHATAN (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT PANTI RAHAYU KABUPATEN GROBOGAN). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (276kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (274kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (414kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Dengan berlakunya BPJS Kesehatan pada tahun 2014 dengan sistem pembayaran “prospektive payment”, bukan lagi dengan sistem “fee for service”, telah menuntut rumah sakit untuk dapat melayani pengobatan pasien secara lebih efisien dengan tetap memperhatikan mutu pengobatan dan keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara tarif klaim BPJS Kesehatan (prospective payment) dengan tarif rumah sakit (restropective payment / fee for service), dan mengetahui bagaimana strategi manajemen RS. Panti Rahayu dalam menghadapi perubahan sistem pembayaran agar tidak terjadi selisih negatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Kesehatan yang melakukan pengobatan di RS. Panti Rahayu, sedangkan sampel yang diambil adalah pasien rawat inap BPJS Kesehatan yang dirawat sesuai kelas pada tahun 2019. Pengujian menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan antara tarif klaim BPJS Kesehatan dengan tarif yang berlaku RS. Panti Rahayu. Sehingga diperlukan strategi dalam menghadapi permasalahan ini, dengan menjaga loyalitas pasien, menjaga hubungan baik dengan BPJS Kesehatan, mempertahankan keunggulan, pembentukan tim casemanager, casemix dan anti fraud, sehingga selisih negatif dalam pelayanan pengobatan pasien BPJS Kesehatan dapat dihindari.
Keywords : Efficiency, effectiveness, service quality, competitive advantage, strategy, hospital performance., Efisiensi, efektifitas, mutu pelayanan, keunggulan kompetitif, strategi, kinerja rumah sakit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: ANDIKA WAHYU
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:15
Last Modified: 16 Jul 2021 04:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item
View Item