DARYONO, Daryono and WAHYUDI, Sugeng and SUHARNOMO, Suharnomo,(March 2021), PENGEMBANGAN MODEL DYADIC SOCIAL INTRAPRENEURSHIP (DSI) DALAM UPAYA MENCAPAI DAYA SAING PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (26kB)
Download (26kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (68kB)
Download (68kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (240kB)
Download (240kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (17MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Pengelolaan budaya sebagai salah satu komponen internal yang berkontribusi terhadap intrapreneurial dan transformasi budaya dalam organisasi dalam mencari inovasi pada level tingkat keberhasilan yang tinggi, inovasi dipandang sebagai alat yang diperlukan untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan melalui nilai tambah dan diferensiasi dalam globalisasi
lingkungan pasar. Tujuan umum dalam penelitian ini mengembangkan pendekatan-pendekatan teoritikal baru sebagai upaya untuk menyelesaikan kontradiksi konseptual mengenai dampak budaya organisasi mengembangkan
budaya untuk perubahan, pertama melalui menyediakan sociostructural kerangka pendukung intrapreneurship, dan kedua melalui mendorong perilaku professional culture dengan praktek-praktek manajemen atau anggota organisasi yang bertindak sebagai agen perubahan membentuk budaya yang lebih dalam dari nilai�nilai dan perilaku. Urgensi penelitian, dalam lingkungan bisnis ekonomi global
yang penuh gejolak dan cepat saat ini, inovasi merupakan prasyarat mutlak untuk kesuksesan dan kelangsungan hidup perusahaan. untuk mengarahkan inovasi sistematis yang terintegrasi dalam organisasi Tahapan metode penelitian teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan atau berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik survei dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada manajer BUMN dan pemilik UKM yang memenuhi syarat pengambilan sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan bantuan program AMOS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan semua hipotesis didukung. Transformasi budaya organisasi, inovasi, organisasi pembelajaran, dan dyadic social intrapreneurship berbasis professional culture memiliki pengaruh positif signifikan sebagai anteseden dari keunggulan bersaing. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa variabel transformasi budaya organisasi, inovasi, organisasi
pembelajaran, dan dyadic social intrapreneurship berbasis professional culture menjadi variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dyadic social intrapreneurship berbasis professional culture (DSIBPC) mampu bertindak sebagai mediator penting yang mengisi kesenjangan dalam hubungan antara transformasi budaya
organisasi, inovasi, dan organisasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing serta menjadi strategi alternatif bagi organisasi dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaingnya.
Keywords : | competitive advantage, dyadic social intrapreneurship based on professional culture, innovation, learning organization, organizational culture transformation., dyadic social intrapreneurship berbasis professional culture, inovasi, keunggulan bersaing, organisasi pembelajaran, transformasi budaya organisasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | DARYONO DARYONO |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 04:45 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8833 |