MARYONO, Budi and MIYASTO, Miyasto,(4 September 2010), MEMBANGUN KUALITAS STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Penerima KUR di PT. Bank BRI Kanca Pattimura – Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (44kB)
Download (44kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (66kB)
Download (66kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Masih terdapat perbedaan pendapat mengenai pengaruh orientasi
kewirausahaan terhadap penciptaan kualitas strategi pemasaran dan keunggulan
bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana membangun kualitas strategi pemasaran dan keunggulan bersaing
dengan orientasi kewirausahaan yang dipengaruhi oleh lingkungan untuk
meningkatkan kinerja bisnis pada UMKM penerima KUR di PT. Bank BRI Kanca
Pattimura – Semarang. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh lingkungan dan
orientasi kewirausahaan terhadap kualitas strategi pemasaran dan keunggulan
bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis.
Sampel penelitian ini adalah pemilik UMKM penerima KUR pada Bank BRI
kanca Semarang Patimura yang diambil secara acak sejumlah 111 responden. Data
penelitian diolah menggunakan analisis SEM dengan perangkat lunak AMOS.16.
Variabel kualitas strategi pemasaran mempunyai pengaruh yang positip
terhadap kinerja bisnis. Manajer UMKM perlu meningkatkan kemampuan merespon
berbagai strategi pemasaran yang tepat dengan cara penetapan harga jual yang pas,
pemilihan media promosi yang efektif, sistem distribusi barang yang tepat, dan selalu
mengutamakan kebutuhan pelanggan. Orientasi kewirausahaan mampu meningkatkan
kualitas strategi pemasaran. Implikasi strategisnya adalah, manajer UMKM perlu
memiliki kemampuan inovatif, kemauan proaktif, ketrampilan mengambil risiko
bisnis, serta mempunyai futurity yang tinggi. Keunggulan bersaing mampu
meningkatkan kinerja bisnis. Untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM, manajer
perusahaan perlu meningkatkan kapabilitas inovatif, kapabilitas produksi, dan
kapabilitas manajemen pemasaran. Orientasi kewirausahaan juga mampu
memenangkan keunggulan bersaing. Implikasi strategisnya adalah, manajer UMKM
perlu menerapkan kemauan reorientasi kewirausahaan secara sungguh-sungguh dan
efektif. Terakhir, variabel lingkungan mampu meningkatkan orientasi kewirausahaan.
Untuk itu, manajer UMKM perlu beradaptasi terhadap lingkungan bisnis yang
beragam, termasuk kondisi sosial ekonomi masyarakat, iklim politik, dan kondisi
persaingan antar UMKM.
Keywords : | Environmental, entrepreneurship orientation, quality of marketing strategy, competitiveness advantage, and business performance, lingkungan, orientasi kewirausahaan, kualitas strategi pemasaran, keunggulan bersaing, dan kinerja bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 04:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 04:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8896 |