MEMBANGUN KUALITAS STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Penerima KUR di PT. Bank BRI Kanca Pattimura – Semarang)

MARYONO, Budi and MIYASTO, Miyasto,(4 September 2010), MEMBANGUN KUALITAS STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Penerima KUR di PT. Bank BRI Kanca Pattimura – Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masih terdapat perbedaan pendapat mengenai pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap penciptaan kualitas strategi pemasaran dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun kualitas strategi pemasaran dan keunggulan bersaing dengan orientasi kewirausahaan yang dipengaruhi oleh lingkungan untuk meningkatkan kinerja bisnis pada UMKM penerima KUR di PT. Bank BRI Kanca Pattimura – Semarang. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh lingkungan dan orientasi kewirausahaan terhadap kualitas strategi pemasaran dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja bisnis. Sampel penelitian ini adalah pemilik UMKM penerima KUR pada Bank BRI kanca Semarang Patimura yang diambil secara acak sejumlah 111 responden. Data penelitian diolah menggunakan analisis SEM dengan perangkat lunak AMOS.16. Variabel kualitas strategi pemasaran mempunyai pengaruh yang positip terhadap kinerja bisnis. Manajer UMKM perlu meningkatkan kemampuan merespon berbagai strategi pemasaran yang tepat dengan cara penetapan harga jual yang pas, pemilihan media promosi yang efektif, sistem distribusi barang yang tepat, dan selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan. Orientasi kewirausahaan mampu meningkatkan kualitas strategi pemasaran. Implikasi strategisnya adalah, manajer UMKM perlu memiliki kemampuan inovatif, kemauan proaktif, ketrampilan mengambil risiko bisnis, serta mempunyai futurity yang tinggi. Keunggulan bersaing mampu meningkatkan kinerja bisnis. Untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM, manajer perusahaan perlu meningkatkan kapabilitas inovatif, kapabilitas produksi, dan kapabilitas manajemen pemasaran. Orientasi kewirausahaan juga mampu memenangkan keunggulan bersaing. Implikasi strategisnya adalah, manajer UMKM perlu menerapkan kemauan reorientasi kewirausahaan secara sungguh-sungguh dan efektif. Terakhir, variabel lingkungan mampu meningkatkan orientasi kewirausahaan. Untuk itu, manajer UMKM perlu beradaptasi terhadap lingkungan bisnis yang beragam, termasuk kondisi sosial ekonomi masyarakat, iklim politik, dan kondisi persaingan antar UMKM.
Keywords : Environmental, entrepreneurship orientation, quality of marketing strategy, competitiveness advantage, and business performance, lingkungan, orientasi kewirausahaan, kualitas strategi pemasaran, keunggulan bersaing, dan kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:34
Last Modified: 28 Jul 2021 04:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item
View Item