ROMADONA, Dhian and WIDIYANTO, Ibnu,(14 December 2015), PENGARUH KEMUDAHAN PEMAKAIAN, PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WORD OF MOUTH Penelitian pada Pengguna Jasa Listrik Pintar di Jepara. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (349kB)
Download (349kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (327kB)
Download (327kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (329kB)
Download (329kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (335kB)
Download (335kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (335kB)
Download (335kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Masalah penelitian ini berawal dari adanya fenomena gap yaitu tingkat
kritik yang diterima oleh PLN Jepara masih relatif tinggi, hal tersebut
mengindikasikan adanya ketidakpuasan dari pelanggan yang mengakibatkan
turunnya minat WOM. Masalah adanya ketidakpuasan dari pelanggan yang
menyebabkan minat WoM yang rendah akan mempengaruhi kelangsungan hidup
dari PLN . Masalah dalam penelitian ini juga didukung adanya research gap
dalam penelitian terdahulu yang meneliti tentang hal-hal yang mempengaruhi
minat WOM.
Pemecahan masalah diawali dengan perumusan dan pengembangan
model penelitian yang didasarkan pada kajian-kajian teoritis hasil penelitian
terdahulu. Dari model tersebut diketahui terdapat lima variabel (Kemudahan
Pemakaian, Kemudahan Pembayaran, Persepsi Manfaat, Kepuasan Pelanggan
dan Minat WOM) dan tujuh hipotesis yang akan diestimasi untuk
menyelesaikan permasalahan penelitian. Responden penelitian ini sebanyak
150 orang yang menggunakan layanan listrik pintar di area Jepara.
Berdasarkan pengujian dengan teknik Structural Equation Model (SEM)
menggunakan software AMOS 20, maka diperoleh Full model dengan
modifikasi yang dinyatakan sesuai dengan data empiris dan dapat digunakan
sebagai pijakan penyelesaian masalah penelitian karena telah memenuhi
sebagian besar kriteria goodness of fit sebagai berikut Chi-square 131,470;
probabiIity = 0,328; RMSEA = 0,022; GFI = 0,886; AGFI =0,844; TLI = 0,991
dan CFI = 0,993. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model tersebut layak
digunakan.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses untuk
mendorong terciptanya words of mouth positif dalam meningkatkan jumlah
pelanggan listrik pintar adalah melalui peningkatan Kemudahan Pembayaran,
Persepsi Manfaat, Kepuasan Pelanggan, Kemudahan Pemakaian guna
meningkatkan minat WOM terhadap listrik pintar.
Keywords : | Ease of Payment, Perceived Benefits, Customer Satisfaction, Ease of Use and Interests Words of Mouth (WoM)., Kemudahan Pembayaran, Persepsi Manfaat, Kepuasan Pelanggan, Kemudahan Pemakaian dan Minat Words of Mouth (WOM) |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 08:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 08:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8907 |