ZENDRA, Ekky Fahriza and FERDINAND, Augusty Tae,(5 August 2021), Pengaruh Brand Personality Terhadap Brand Loyalty Melalui Self Congruity dan Customer Brand Identification Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengguna Ponsel Pintar Apple di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (166kB)
Download (166kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (236kB)
Download (236kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (133kB)
Download (133kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (163kB)
Download (163kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (380kB)
Download (380kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi telekomunikasi telah berkembang dengan signifikan beberapa tahun belakangan ini. Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1992, ponsel pintar telah berkembang dari perangkat mahal menjadi gadget yang digunakan sehari-hari. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukan bahwa pengguna Android memiliki loyalitas lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna Apple dengan presentase Android 91% dan Apple 86%. Hal ini menjadi sebuah fenomena bisnis dimana ternyata loyalitas yang dimiliki oleh konsumen ponsel pintar Apple lebih rendah dibandingkan Android. Hal tersebut jelas mendorong untuk pengelola ponsel pintar Apple dalam mengembangkan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan loyalitas pada pengguna Apple. Selain fenomena tersebut, berdasarkan literatur yang ada menunjukan bahwa terdapat kesenjangan penelitian yang mana menyatakan bahwa terdapat adanya inkonsistensi hasil penelitian antara hubungan brand personality dengan brand loyalty. Sehingga berdasarkan fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut yang menjadi dasar penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model konseptual mengenai bagaimana cara mengelola Brand Loyalty dengan menggunakan pendekatan Self-Congruity Theory sehingga dapat meningkatkan Brand Loyalty pada ponsel pintar Apple melalui self congruity dan customer brand identification. Pada penelitian ini pengambilan data melibatkan 128 responden dengan kriteria utama bahwa pernah atau sedang menggunakan ponsel pintar Apple dan berdomisili di Kota Semarang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat berupa program Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa brand personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap self congruity, sejalan dengan hal tersebut ditemukan juga bahwa self congruity memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap customer brand identification, selanjutnya dalam penelitian ini juga terbukti bahwa customer brand identification memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, lalu yang terakhir, self congruity pun terbukti memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap brand loyalty pada ponsel pintar Apple. Oleh karena itu semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan strategi pemasaran perusahaan Apple Inc. dan dapat menjadi sebuah literatur yang berharga untuk kepentingan akademisi.
Keywords : | Brand Personality, Self Congruity, Customer Brand Identification, Brand Loyalty, Self-Congruity Theory., Brand Personality, Self Congruity, Customer Brand Identification, Brand Loyalty, Self-Congruity Theory. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ekky Fahriza Zendra |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 07:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 07:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9076 |